PENGARUH MULSA LIMBAH PADAT HASIL PENYULINGAN SERAI WANGI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI GOGO (Oryza sativa L.)

Rahmad, Hidayat (2023) PENGARUH MULSA LIMBAH PADAT HASIL PENYULINGAN SERAI WANGI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI GOGO (Oryza sativa L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (21kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (Tugas akhir)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)

Abstract

Padi merupakan komoditas tanaman pangan utama di Indonesia yang produksinya didominasi oleh lahan sawah. Pengembangan padi di lahan kering (padi gogo) merupakan salah satu upaya mengatasi ancaman penurunan produksi padi nasional akibat pengalihan lahan sawah ke lahan non pertanian. Pengembangan padi gogo memiliki permasalahan utama yaitu ketersediaan air untuk menjaga kelembaban dan suhu tanah serta sulitnya dalam pengendalian gulma. Mulsa organik limbah padat hasil penyulingan serai wangi dapat menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis mulsa terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman padi gogo. Penelitian telah dilaksanakan di Nagari Limo Koto, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat pada bulan Mei–September 2022. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan empat dosis mulsa sebagai perlakuan yaitu: 0, 10, 20, dan 30 ton/ha dengan tiga ulangan. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan uji F dan dilanjutkan dengan uji lanjut Tukey pada taraf nyata 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaplikasian mulsa dapat menurunkan suhu dan meningkatkan kelembaban tanah. Biomassa dan spesies gulma menurun dengan meningkatnya dosis mulsa. Pemberian mulsa sebanyak 10 ton/ha secara signifikan dapat menekan pertumbuhan gulma sebesar 85%, dan meningkatkan hasil sebesar 31%, sejalan dengan peningkatan pertumbuhan anakan, anakan produktif, tinggi tanaman, persentase gabah bernas, serta mempercepat pembungaan dan umur panen tanaman padi gogo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. P.K. Dewi Hayati, SP., M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:20
Last Modified: 13 Jul 2023 07:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206088

Actions (login required)

View Item View Item