Pelembagaan Partai Gerindra Dalam Pilkada Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2020

Debby, Artha Sevindo (2023) Pelembagaan Partai Gerindra Dalam Pilkada Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andaas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (Penutup dan Kesimpulan)
Penutup dan Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (Full Text)
Debby Artha Sevindo_1810831019_Pelembagaan Partai Gerindra Dalam Pilkada Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2020_112711.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Partai politik adalah sekelompok manusia yang terorganisir secara stabil dengan tujuan merebut atau mempertahankan kekuasaan terhadap pemerintahan bagi pimpinan partainya, dan berdasarkan penguasaan ini memberikan kepada anggota partainya kemanfaatan yang bersifat ideal. Pelembagaan menurut Vicky Randall dan Lars Svasand sebagai sebuah proses pemantapan partai politik dalam aspek struktural dan kultural. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana pelembagaan Partai Gerindra dalam kesuksesan memenangkan Pilkada Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2020. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori pelembegaan menutur Vicky Randall dan Lars Svasand. Hasil penelitian ini adalah Partai Gerindra kabupaten Pesisir Selatan telah melaksanakan semua fungsi dan kewajibannya sesuai dengan AD/ART, dalam hal pengambilan keputusan, gaya kepemimpinan, hubungan dengan pihak luar, serta cara partai menempatkan diri di tengah masyarakat, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa kemenangan yang diraih oleh Partai Gerindra Kabupaten Pesisir Selatan pada saat Pilkada 2020 melalui pelembagaan partai politik yang baik. Terlepas dari keuntungan kompetitif dengan membawa nama Prabowo Subianto, Partai Gerindra berhasil hadir di tengah masyarakat sebagai partai yang mengedepankan dan mengutamakan kesejahteraan masyarakat melalui kader-kader partai yang terpilih dan duduk dikursi pemerintahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Asrinaldi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Partai Politik, Partai Gerindra, Pelembagaan Partai Politik
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 11 Jul 2023 10:26
Last Modified: 11 Jul 2023 10:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205929

Actions (login required)

View Item View Item