PEMANFAATAN INSENTIF BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) OLEH KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) (Studi Kasus: Empat Keluarga Penerima Manfaat PKH di Nagari Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman)

Shahibul, Ihsan (2023) PEMANFAATAN INSENTIF BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) OLEH KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) (Studi Kasus: Empat Keluarga Penerima Manfaat PKH di Nagari Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan cara memberikan insentif bantuan berupa uang yang wajib dimanfaatkan sesuai dengan ketentuan, yaitu dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan/atau kesehatan. Namun dalam implementasinya masih banyak KPM yang tidak memanfaatkan insentif bantuan sesuai dengan ketentuan, misalnya digunakan untuk membeli bahan kebutuhan pokok, menabung, bahkan untuk hal konsumtif seperti rokok. Penggunaan uang bantuan tidak sesuai dengan ketentuan ini akan membuat tujuan dari PKH tidak tercapai, untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai bagaimana KPM memanfaatkan bantuan sosial yang mereka terima. Penelitian ini dilakukan di Nagari Sungai Sariak, yakni salah satu nagari dengan jumlah penerima bantuan PKH terbanyak di Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus, serta pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara KPM memanfaatkan bantuan PKH yang mereka terima, serta alasan sosiokultural yang melatarbelakangi pemanfaatan tersebut. Hasil penelitian ini yaitu, terdapat beragam cara pemanfaat bantuan yang dilakukan oleh KPM, ada yang sesuai dengan aturan PKH yakni digunakan untuk kebutuhan pendidikan dan/atau kesehatan, namun banyak juga yang tidak sesuai aturan seperti dibelikan pada beras, ditabung, atau pada hal konsumtif seperti membeli baju. Beberapa alasan sosiokultural yang melatarbekangi hal tersebut yaitu ibu sebagai penguasa rumah, tidak jalannya fungsi ekonomi keluarga, beras dan subsistensi, kelenturan pengawasan pendamping PKH, dan sedikitnya insentif bantuan yang diberikan. Kata Kunci : Bantuan Sosial, Program Keluarga Harapan, Kemiskinan, Pemanfaatan Bantuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syahrizal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bantuan Sosial, Program Keluarga Harapan, Kemiskinan, Pemanfaatan Bantuan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:29
Last Modified: 12 Jul 2023 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205917

Actions (login required)

View Item View Item