Penyesuaian Dosis Obat Pasien Penyakit Ginjal Kronis (PGK) Serta Hubungannya Dengan Outcome Terapi di Ruang Rawat Inap RSUD Padangsidimpuan

Aminah, Panggabean (2023) Penyesuaian Dosis Obat Pasien Penyakit Ginjal Kronis (PGK) Serta Hubungannya Dengan Outcome Terapi di Ruang Rawat Inap RSUD Padangsidimpuan. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover +abstrak.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text (Bab penutup)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penyesuaian dosis obat merupakan salah satu strategi pemberian obat pada pasien Penyakit Ginjal Kronis (PGK) untuk mencapai outcome terapi obat yang optimal serta menghindari efek obat yang tidak diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran outcome terapi dari obat yang diberikan kepada pasien PGK dengan penyesuaian dosis dan tanpa penyesuaian dosis serta untuk mengetahui hubungan penyesuaian dosis obat dengan outcome terapi. Penelitian ini bersifat observasional dengan desain cross sectional. Data penelitian ini sebanyak 73 sampel. Data ini bersumber dari rekam medis pasien PGK di ruang rawat inap RSUD Padangsidimpuan periode Januari-Desember 2022. Penyesuaian dosis obat berdasarkan estimasi fungsi ginjal dengan menghitung Laju Filtrasi Glomerulus (LFG) menggunakan formula Chronic Kidney Disease Epidemiology Collaboration (CKD-epi). Berdasarkan penelitian ini, terdapat 271 ( 41,4%) obat membutuhkan penyesuaian dosis dan 129 (47.6%) obat diantaranya diberikan tanpa penyesuaian dosis. Hasil gambaran outcome terapi yang diperoleh, terdapat 72 (73,5%) obat diberikan dengan penyesuaian dosis, 56 (77,8%) obat diantaranya memberikan outcome terapi membaik. Sedangkan 26 (26,5%) obat diberi tanpa penyesuaian dosis terdapat 14 (53,8%) obat memberikan outcome terapi tidak membaik. Berdasarkan Analisa statistik Chi Square, terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian dosis obat dengan outcome terapi pada pasien PGK rawat inap dengan nilai p<0.05(p=0.00).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph.D
Uncontrolled Keywords: penyakit ginjal kronis, penyesuaian dosis, outcome terapi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:02
Last Modified: 14 Jul 2023 05:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205755

Actions (login required)

View Item View Item