Alih Kode Pada Interaksi Penjual Dan Pembeli Di Pasar Tradisional Simpang Tiga Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat: Tinjauan Sosiolinguistik

Tria, Sri Lestari (2023) Alih Kode Pada Interaksi Penjual Dan Pembeli Di Pasar Tradisional Simpang Tiga Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat: Tinjauan Sosiolinguistik. Diploma thesis, Ilmu Budaya.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak (11).pdf - Published Version

Download (555kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan) (1).pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (Penutup)
BAB IV (Penutup).pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (5).pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Full Text)
Full text (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tria Sri Lestari, 1810723004. “Alih Kode dalamInteraksi Penjual dan Pembeli di Pasar Tradisional Simpang Tiga Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat: Tinjauan Sosiolinguistik”. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, 2023. Pembimbing I Dra. Noviatri, M. Hum. Pembimbing II Dr. Aslinda, M. Hum. Dalam penelitian ini dibahas mengenai Alih Kode dalam Interaksi Penjual dan Pembeli di Pasar Tradisional Simpang Tiga Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk alih kode dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya alih kode di Pasar Tradisional Simpang Tiga, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat. Ada 2 metode yang digunakan dalam penyediaan data, yaitu: (1) metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dan teknik lanjutan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SLBC), teknik catat, dan teknik rekam: dan (2) metode cakap dengan teknik dasar teknik pancing dan teknik lanjutannya teknik cakap semuka. Dalam analisis data, digunakan metode padan, yaitu metode padan translasional dan metode padan pragmatis. Teknik dasar metode padan yang digunakan ialah teknik dasar Pilah Unsur Tertentu (PUP), sedangkan teknik lanjutan yang digunakan yaitu teknik hubung banding memperbedakan. Penyajian hasil analisis data digunakan metode penyajian informal yang menggunakan kata-kata biasa atau dengan kalimat-kalimat Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan alih kode yang terdapat dalam interaksi jual beli di Pasar Tradisional Simpang Tiga, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten pasaman barat, yaitu: 1) alih kode dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia, 2) alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa, 3) alih kode dari bahasa Minangkabau ke ke bahasa Indonesia, 4) alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Minangkabau, 5) alih kode dari bahasa Mandailing ke bahasa Indonesia, 6) alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Mandailing, 7) alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa dan bahasa Jawa ke bahasa Minangkabau, 8) alih kode dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia dan bahasa Indonesia ke bahasa Minangkabau, dan 9) alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Minangkabau dan dari bahasa Minang ke bahasa Jawa. Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya alih kode tersebut, yaitu: (1) Bertujuan untuk mendapat harga yang lebih murah , (2) Bahasa yang digunakan penutur dan lawan tutur adalah bahasa Indonesia, bahasa Minang, bahasa Jawa dan bahasa Mandailing, (3) Alih kode dituturkan penutur kepada lawan tutur, (4) Alih kode terjadi ketika berubahnya situasi yang mengharuskan penutur untuk berlaih kode dari bahasa satu ke bahasa yang lainnya, (5) Tujuan penutur dan lawan tutur beralih kode yaitu untuk menghargai lawan tutur, menciptakan suasana akrab dengan lawan tutur, dan tujuan tawar menawar. Kata kunci: alih kode, pasar tradisional, Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Noviatri, M.Hum
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:03
Last Modified: 12 Jul 2023 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205726

Actions (login required)

View Item View Item