Hubungan Riwayat Pola Pemberian Susu Formula Terhadap Kejadian Early Childhood Caries (ECC) pada Anak PAUD di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Arif, Mulya Nurman (2023) Hubungan Riwayat Pola Pemberian Susu Formula Terhadap Kejadian Early Childhood Caries (ECC) pada Anak PAUD di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Karies gigi merupakan masalah kesehatan dengan prevalensi tinggi, yang terjadi pada semua usia termasuk bayi dan anak-anak prasekolah. Karies gigi pada bayi dan anak-anak prasekolah disebut Early Chilhood Caries (ECC). Salah satu penyebab ECC yang paling sering ditemukan adalah konsumsi makanan dan minuman dengan kadar glukosa tinggi, termasuk konsumsi susu formula. Faktor resiko ini dapat diperparah dengan riwayat dari konsumsi susu formula seperti lama, cara, waktu, durasi, frekuensi, penambahan pemanis dan tindakan pencegahan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan riwayat pola pemberian susu formula terhadap kejadian Early Childhood Caries (ECC) Pada Anak PAUD di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Metode: Jenis penelitian adalah analitik dengan desain penelitian studi observasi cross-sectional. Jumlah sampel 102 orang anak PAUD di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dan pemilihan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Pengukuran ECC menggunakan indeks def-t dan riwayat pola pemberian susu formula menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil: Penelitian menunjukan bahwa anak yang mengalami ECC sebanyak 78 orang (76,5%) dan anak yang memiliki Riwayat pola konsumsi susu formula yang kurang sebanyak 43 orang (42,2%). Hasil uji statistik Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara riwayat pola pemberian susu formula terhadap kejadian ECC pada anak PAUD di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang dengan ρ value < 0,05. Kesimpulan: Riwayat pola pemberian susu formula yang kurang mengakibatkan kejadian Early Childhood Caries (ECC) yang tinggi pada anak PAUD di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Sri Ramayanti, MDSc, Sp. KGA
Uncontrolled Keywords: Early Childhood Caries (ECC) Riwayat Pola Pemberian Susu Formula Glukosa
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:02
Last Modified: 11 Jul 2023 03:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205722

Actions (login required)

View Item View Item