Pengaruh Pemberian Gambir Terpurifikasi (Uncaria gambir Roxb.) Dan Vitamin C Terhadap Kadar Aspartat Aminotransferase (AST) Mencit Putih Jantan

Annisatulkhairat, Annisatulkhairat (2023) Pengaruh Pemberian Gambir Terpurifikasi (Uncaria gambir Roxb.) Dan Vitamin C Terhadap Kadar Aspartat Aminotransferase (AST) Mencit Putih Jantan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 10 July 2024.

Download (650kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 10 July 2024.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 10 July 2024.

Download (797kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 10 July 2024.

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 10 July 2024.

Download (799kB)

Abstract

Gambir terpurifikasi (Uncaria gambir Roxb.) dan vitamin C telah banyak digunakan dan terbukti memiliki aktivitas sebagai antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian gambir terpurifikasi (Uncaria gambir Roxb.) dan vitamin C serta kombinasi keduanya terhadap kadar AST (Aspartate Amino Transferase) mencit putih jantan setelah melakukan aktivitas fisik maksimal berupa perenangan. Penelitian ini melibatkan 25 ekor mencit putih jantan sehat yang dibagi menjadi 5 kelompok. Kelompok I tidak diberi sediaan uji dan tidak melakukan aktivitas fisik maksimal, kelompok II hanya melakukan aktivitas fisik maksimal, kelompok III diberi sediaan gambir terpurifikasi 200 mg/kgbb, kelompok IV diberi sediaan vitamin C 65 mg/kgbb, dan kelompok V diberi sediaan kombinasi gambir terpurifikasi 100 mg/kgbb dan vitamin C 32,5 mg/kgbb. Sediaan uji diberikan selama tujuh hari dan pada hari kedelapan melakukan aktivitas fisik maksimal berupa perenangan. Kemudian serum dari darah mencit diambil untuk melakukan pengujian kadar AST dengan menggunakan alat fotometer 5010 v5+. Data kadar AST dianalisa secara statistik menggunakan uji Kruskal Wallis dilanjutkan dengan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian sediaan berpengaruh dalam menurunkan kadar AST mencit putih jantan dan yang memberikan pengaruh paling baik dalam menurunkan kadar AST mencit putih jantan adalah kombinasi gambir terpurifikasi 100 mg/kgbb dan vitamin C 32,5 mg/kgbb.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:39
Last Modified: 11 Jul 2023 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205663

Actions (login required)

View Item View Item