Dinamika Praktik Tradisi Uang Japuik dan Uang Hilang di Nagari IV Angkek Padusunan Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman Tahun 1981-2019

Syukrina, Ilhamdah (2023) Dinamika Praktik Tradisi Uang Japuik dan Uang Hilang di Nagari IV Angkek Padusunan Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman Tahun 1981-2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak-1.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Bab V)
bab v.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (Full Text)
skripsi plus turnitin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dinamika Praktik Tradisi Bajapuik di Nagari IV Angkek Padusunann Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman Tahun 1981-2019 mengalami berbagai macam perubahan di dalam pelaksanaannya di lapangan. Uang japuik dinilai memberatkan sehingga pada tahun 1981 Bupati Anas Malik mengadakan wacana untuk menghapuskan pemberian uang hilang di dalam adat perkawinan bajapuik dan pemberian uang japuik minimal pelaksanannya disederhanakan. Masalah penelitian ini dirumuskan dalam bentuk pertanyaan bagaimanakah keadaan sosial budaya Nagari IV Angkek Padusunan pada tahun 1981-2019, bagaimanakah praktik tradisi bajapuik di Nagari IV Angkek Padusunan pada tahun 1981-2019, serta bagaiamanakah keberlanjutan dari praktikk tradisi bajapuik di Nagari IV Angkek Padusunan pada tahun 1981-2019. Metode yang dipakai adalah metode sejarah dengan mengumpulkan sumber atau heuristik, kritik sumber baik secara intern dan ekstern, interpretasi sumber dan kemudian menuliskannya dalam bentuk tulisan atau disebut dengan historiografi. Pengumpulan sumber primer dilakukan dengan wawancara kepada informan terutama kepada mamak serta masyarakat Nagari IV Angkek Padusunan yang melaksanakan pernikahan dari tahun 1981-2019 serta melakukan pengumpulan sumber sekunder berupa studi Pustaka seperti buku dan artikel. Hasil yang didapatkan setelah melakukan penelitian adalah adanya perubahan di dalam praktik budaya bajapuik di Nagari IV Angkek Padusunan dimulai dari tidak adanya pemberian uang japuik, uang japuik diberikan oleh pihak laki-laki, dan pemberian uang japuik yang didengungkan saja namun uangnya tidak ada. Keberlanjutan pelaksanaan acara adat perkawinan sudah disederhanakan dan beberapa proses dilompati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Nopriyasman, M. Hum
Uncontrolled Keywords: uang japuik, mamak, perubahan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:33
Last Modified: 13 Jul 2023 03:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205652

Actions (login required)

View Item View Item