PERBEDAAN JUMLAH KOLONI BAKTERI PATOGEN PADA GAGANG PINTU BERDASARKAN WAKTU, LOKASI, DAN RUANGAN DI RUANG INTENSIF RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Rezka, Nanda Faisaelia (2023) PERBEDAAN JUMLAH KOLONI BAKTERI PATOGEN PADA GAGANG PINTU BERDASARKAN WAKTU, LOKASI, DAN RUANGAN DI RUANG INTENSIF RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (BAB 7)
PENUTUP (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT REZKA NANDA FAISAELIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Healthcare-Associated Infections (HAIs) atau yang dulu dikenal sebagai infeksi nosokomial merupakan infeksi yang diperoleh selama mendapatkan perawatan di rumah sakit yang tidak ada sebelumnya dan tidak mengalami inkubasi saat masuk rumah sakit. Pasien di unit perawatan intensif memiliki risiko terkena HAIs yang lebih tinggi karena mengalami penurunan kekebalan tubuh, pemakaian alat-alat medis secara invasif, dan terpapar berbagai bakteri resisten. Gagang pintu merupakan salah satu sumber kontaminasi eksogen yang dapat menyebabkan infeksi pada pasien yang sedang dirawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kontaminasi bakteri patogen pada gagang pintu berdasarkan waktu, lokasi, dan ruangan di ruang intensif RSUP Dr. M. Djamil. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional. Sampel diambil pada 5 ruangan intensif dengan total 40 sampel. Setelah itu, dihitung jumlah koloninya berdasarkan perbedaan waktu pengambilan sampel, lokasi gagang pintu, dan ruangannya. Hasil penelitian menunjukkan 87,5% gagang pintu di ruang intensif RSUP Dr. M. Djamil telah terkontaminasi oleh bakteri. Bakteri yang ditemukan adalah S.warneri, S.hom.hominis, A.viridans, S.vitulinus, dan S.maltophilia. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan jumlah koloni bakteri di gagang pintu ruang intensif RSUP Dr. M. Djamil berdasarkan waktu, lokasi, maupun ruangannya. Saran dari penelitian ini adalah kebersihan tangan setiap individu yang akan memasuki dan keluar dari ruang intensif perlu ditingkatkan lagi sehingga dapat mencegah kejadian HAIs di ruang intensif RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Roslaili rasyid, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Infeksi Nosokomial, Gagang Pintu, Ruang Intensif, Bakteri Patogen
Subjects: Q Science > QR Microbiology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:27
Last Modified: 11 Jul 2023 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205642

Actions (login required)

View Item View Item