PERBEDAAN KADAR NSE BERDASARKAN DERAJAT PERLUKAAN MENURUT ASPEK MEDIKOLEGAL PADA KORBAN TRAUMA KEPALA DI IGD RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Muhammad, Farhan Khadaffi (2023) PERBEDAAN KADAR NSE BERDASARKAN DERAJAT PERLUKAAN MENURUT ASPEK MEDIKOLEGAL PADA KORBAN TRAUMA KEPALA DI IGD RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Kover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Trauma kepala adalah salah satu penyebab kematian terbanyak yang sebagian besar disebabkan oleh kekerasan dan kecelakaan lalu lintas. Dalam kasus-kasus tersebut, Visum et Repertum diperlukan untuk mengidentifikasi luka demi penyelidikan kepolisian yang membagi jenis luka kedalam derajat perlukaan. Penentuan derajat perlukaan terkadang mengalami kendala karena luka yang ada tidak menggambarkan gejala yang muncul, sehingga diperlukan penanda biologis, salah satunya Neuron Specific Enolase (NSE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar NSE berdasarkan derajat perlukaan korban trauma kepala. Penelitian ini memiliki pendekatan cross-sectional menggunakan 42 sampel serum darah korban trauma kepala di IGD RSUP Dr. M Djamil Padang dan korban tersebut dikonsultasikan ke Bagian Forensik dan Medikolegal RSUP Dr. M Djamil Padang. Serum kemudian diolah menggunakan teknik ELISA untuk mengetahui kadar NSE. Derajat perlukaan diperoleh dari data Visum et Repertum korban. Analisis bivariat menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil dianggap bermakna jika nilai p<0.05. Karakteristik korban trauma kepala: laki-laki sebanyak 76,2% dan perempuan 23,9% , mayoritas subjek berusia 12-45 tahun. Kadar NSE berdasarkan derajat perlukaan (derajat dua dan tiga) masing-masing adalah 16,55 (2,18-20,99) ng/ml dan 16,11(12,62-18,01) ng/ml (p>0.05). Hasil menunjukkan tidak terdapat perbedaan kadar NSE yang signifikan berdasarkan derajat perlukaan dengan nilai p 0.642. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak terdapat peningkatan yang bermakna pada kadar NSE berdasarkan derajat perlukaan pada korban trauma kepala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F.M (K)
Uncontrolled Keywords: trauma kepala, neuron specific enolase, derajat perlukaan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:10
Last Modified: 10 Jul 2023 03:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205565

Actions (login required)

View Item View Item