ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM TERKAIT PEMBAGIAN HARTA BERSAMA AKIBAT PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA PADANG (STUDI PUTUSAN NOMOR: 1290/PDT.G/2021/PA.PDG)

Nia, Wino Marisya (2023) ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM TERKAIT PEMBAGIAN HARTA BERSAMA AKIBAT PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA PADANG (STUDI PUTUSAN NOMOR: 1290/PDT.G/2021/PA.PDG). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (BAB AKHIR/PENUTUP)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (TESIS FULL)
TESIS NIA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf - Published Version

Download (686kB)

Abstract

ABSTRAK Perceraian adalah jalan yang disediakan oleh agama dan negara bagi pasangan suami istri yang yang rumah tangganya sudah tidak bisa dipertahankan dan tidak ada keinginan untuk hidup bersama. Pasal 126 KUHPerdata yaitu perceraian mengakibatkan bubarnya harta bersama sehingga harta bersama tersebut harus dibagi diantara pasangan suami istri. Pembagian harta bersama juga diatur dalam Pasal 97 Kompilasi Hukum Islam yakni masing-masing suami istri mendapatkan setengah bagian dari harta bersama. Akan tetapi dalam putusan pembagian harta bersama ternyata ada yang menyimpang dari Pasal 97 Kompilasi Hukum Islam tersebut. Seperti pada perkara yang diputus di Pengadilan Agama Padang Nomor: 1290/Pdt.G/2021/Pa.Pdg, majelis hakim memutus sengketa harta bersama bukan setengah bagian sama antara mantan suami dan istri, akan tetapi majelis hakim memutus bagian suami lebih sedikit dari bagian istri. Dari uraian maslaah tersebut, penulis tertarik menganalisis putusan Pengadilan Agama Padang, yaitu: (1) pertimbangan hukum majelis hakim dalam menyelesaikan sengketa harta bersama pada putusan nomor: 1290/Pdt.G/2021/PA.Pdg? (2) bagaimana penerapan hak ex officio hakim dalam perkara pembagian harta bersama di pengadilan agama padang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut metode penbelitian yang digunakan yaitu metode penelitian yuridis normatif. Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa: (1) majelis hakim tidak hanya bersifat menjalankan perintah undang-undang, akan tetapi hakim wajib menggali, mengikuti, dan memahami nilai-nilai hukum dan rasa keadilan yang tumbuh dalam masyarakat. Majelis hakim dalam pertimbangannya menyimpangi aturan Kompilasi Hukum Islam dan menjatuhkan putusan bagian istri lebih besar. (2) Penerapan Hak Ex Officio dalam memutus perkara harta bersama menunjukkan bahwa majelis hakim Pengadilan Agama Padang telah menerapkan hukum progresif, yakni hukum digunakan untuk melindungi hak-hak manusia. Kata Kunci: pertimbangan hakim, harta bersama dan pengadilan agama padang

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Yulia Mirwati,SH,CN,MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pertimbangan hakim, harta bersama dan pengadilan agama padang
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu hukum
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:29
Last Modified: 13 Jul 2023 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205525

Actions (login required)

View Item View Item