ANALISIS SENTIMEN TERHADAP LAYANAN DOMPET DIGITAL “GOPAY”, “OVO”, “DANA” DAN “SHOPEEPAY” MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

LORENZA, JULIA NINGRI (2023) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP LAYANAN DOMPET DIGITAL “GOPAY”, “OVO”, “DANA” DAN “SHOPEEPAY” MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (Bab I (pendahuluan))
Bab I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (773kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan))
Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan)).pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ANALISIS SENTIMEN TERHADAP LAYANAN DOMPET DIGITAL “GO- PAY”, “OVO”, “DANA” DAN “SHOPEEPAY” MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES Lorenza Julia Ningri Dr. Masyhuri Hamidi, M.Si, CFP, CRA, CRP Dr. Fajri Adrianto, SE, M.Bus (Adv) ABSTRAK Pada era modern saat ini Perkembangan teknologi terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, Kemajuan pesat dalam perkembangan teknologi juga mempengaruhi semua faktor penting dalam kehidupan manusia, salah satunya di bidang Fintech. Financial technology adalah istilah yang digunakan oleh perusahaan yang menawarkan inovasi teknologi di bidang keuangan. Salah satu produk dari Fintech adalah digital payment. Opini pelanggan terhadap dompet digital menandakan bahwa masyrakat sudah paham, peduli dan sadar pada kondisi keuangan mereka yang dapat dikaitkan dengan Literasi Keuangan. Opini dari pelanggan bisa digunakan sebagai Analisa yang dapat dimanfaatkan oleh penyedia jasa dompet digital. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis sentiment layanan dompet digital menggunakan media sosial twitter dan Untuk mengetahui perbandingan analisis sentimen dari Dompet Digital. Dompet digital yang diambil pada penelitian ini adalah Gopay, Ovo, Dana, dan ShopeePay periode Januari-Oktober 2022. Penelitian ini menggunakan metode klasifikasi Algoritma Naïve Bayes. Data komentar diambil dari media sosial Twitter dengan menggunakan API (Application Programming Interface) Twitter sebanyak 4000 data komentar dari pengguna yang dibagi menjadi dua kelas sentimen yaitu sentimen positif dan sentimen negative. Hasil dari penelitian ini adalah nilai akurasi tertinggi adalah Gopay yaitu 66,22%, Sentimen positif yang paling banyak diterima diantara keempat dompet digital adalah ShopeePay, sentimen negative yang paling banyak diterima diantara keempat dompet digital adalah Dana. Selain itu jika dilihat dari Rata-rata sentimen dari keempat dompet digital ini menghasilkan sentimen negative lebih tinggi dibandingkan sentimen positif dimana dompet digital menerima komentar negative dari pelanggan yang artinya dompet digital di Indonesia masih kurang dipercayai oleh pengguna karena masig terdapat masalah pada layanan dompet digital di Indonesia. Kata Kunci : Financial Technology; Dompet Digital; Analisis Sentimen; Twitter; Algoritma Naïve Bayes ii ANALISIS SENTIMEN TERHADAP LAYANAN DOMPET DIGITAL “GO- PAY”, “OVO”, “DANA” DAN “SHOPEEPAY” MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES Lorenza Julia Ningri Dr. Masyhuri Hamidi, M.Si, CFP, CRA, CRP Dr. Fajri Adrianto,SE, M.Bus ABSTRACT In the current modern era, technological developments continue to increase from time to time, rapid advances in technological development also affect all important factors in human life, one of which is in the field of Fintech. Financial technology is a term used by companies that offer technological innovations in the financial sector. One of the products from Fintech is digital payments. The customer's opinion of digital wallets indicates that the community understands, cares about and is aware of their financial condition which can be related to Financial Literacy. Opinions from customers can be used as an analysis that can be utilized by digital wallet service providers. The purpose of this study is to analyze the sentiment of digital wallet services using the Twitter social media and to find out the comparison of sentiment analysis from digital wallets. The digital wallets taken in this study are Gopay, Ovo, Dana, and ShopeePay for the period January-October 2022. This research uses the Naïve Bayes Algorithm classification method. Comment data was taken from Twitter social media using the Twitter API (Application Programming Interface) as many as 4000 comment data from users which were divided into two sentiment classes, namely positive sentiment and negative sentiment. The results of this study are that the highest score is Gopay, which is 66.22%, the most widely received positive sentiment among the four digital wallets is ShopeePay, the most widely received negative sentiment among the four digital wallets is Funds. In addition, when viewed from the average sentiment of these four digital wallets, negative sentiment is higher than positive sentiment where digital wallets receive negative comments from customers, which means that digital wallets in Indonesia are still not trusted by users because there are still problems with digital wallet services in Indonesia. Keywords: Financial Technology; Digital Payments; Sentiment Analysis; Twitter; Naïve Bayes Algorithm

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: 1. Dr. Masyhuri Hamidi, SE, M.Si 2. Dr. Fajri Adrianto, SE, M.Bus
Uncontrolled Keywords: Financial Technology; Dompet Digital; Analisis Sentimen; Twitter; Algoritma Naïve Bayes
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:58
Last Modified: 07 Jul 2023 07:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205502

Actions (login required)

View Item View Item