PENGARUH MINDFULNESS PARENTING TERHADAP STRES PENGASUHAN ORANG TUA DI PERSATUAN ORANG TUA ANAK DENGAN DOWN SYNDROME (POTADS), KOTA PADANG

Viony, Yorike (2023) PENGARUH MINDFULNESS PARENTING TERHADAP STRES PENGASUHAN ORANG TUA DI PERSATUAN ORANG TUA ANAK DENGAN DOWN SYNDROME (POTADS), KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak)..pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Text (Bab I Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Text (Bab V Penutup).pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (Tugas Akhir)
Text (Tugas Akhir).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dan keterbatasan pada anak Down Syndrome dapat menyebabkan terjadinya stres pengasuhan pada orang tua dalam melakukan pengasuhan. Untuk meminimalkan dampak dari stres pengasuhan, dibutuhkan suatu strategi dalam mengatasinya, salah satunya dengan mindfulness parenting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mindfulness parenting terhadap stres pengasuhan orang tua dengan anak down syndrome di Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (POTADS), Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain regresi linear sederhana. Penelitian ini dilakukan terhadap 60 orang tua dengan anak down syndrome di Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (POTADS), Kota Padang dengan menggunakan teknik total population sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adaptasi Mindfulness in Parenting Questionnaire (MIPQ) dan Parenting Stress Scale (PSS). Hasil penelitian membuktikan bahwa mindfulness parenting secara signifikan berpengaruh terhadap stres pengasuhan orang tua dengan anak down syndrome di Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (POTADS), Kota Padang. Hasil tersebut dapat dilihat dari koefisien signfikansi yang bernilai .00 (p<.05). Koefisien R2 bernilai .205 yang berarti bahwa mindfulness parenting mempengaruhi stres pengasuhan orang tua dengan anak down syndrome di Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (POTADS), Kota Padang sebesar 20.5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr.Yulistini, M.Med.Ed
Uncontrolled Keywords: Stress pengasuhan, mindfulness parenting, orang tua anak dengan down syndrome di POTADS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:15
Last Modified: 20 Jul 2023 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205498

Actions (login required)

View Item View Item