PENGARUH STATUS GIZI PADA ANAK STUNTING TERHADAP LAJU ALIR, KOMPOSISI DAN PH SALIVA

Kerin, Irawan (2021) PENGARUH STATUS GIZI PADA ANAK STUNTING TERHADAP LAJU ALIR, KOMPOSISI DAN PH SALIVA. Diploma thesis, Univesitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
1 cover abstrak.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (BAB Akhir)
Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI Kerin Irawan 1711412025 Pengaruh Status Gizi pada Anak Stunting terhadap Laju Alir, PH dan Komposisi Saliva .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Stunting adalah keadaan kekurangan gizi kronis yang diidentifikasi dengan panjang/tinggi badan anak dibawah usia 5 tahun berada kurang dari -2 SD median WHO Child Growth Standards untuk usia dan jenis kelamin yang sama dan merupakan kasus malnutrisi dengan prevalensi tertinggi di seluruh dunia yang memengaruhi 21,3% atau 144 juta anak. Stunting pada anak dapat menyebabkan berbagai gangguan patologis seperti hilangnya potensi pertumbuhan fisik, saraf dan kognitif, sistem kekebalan tubuh dan berpengaruh terhadap kesehatan rongga mulut akibat atrofi kelenjar saliva sehingga sekresi, komposisi dan fungsi saliva menjadi menurun. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh status gizi pada anak stunting terhadap laju alir, komposisi dan pH saliva. Studi dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menelaah pemaparan dari berbagai literatur ilmiah mengenai pengaruh status gizi pada anak stunting terhadap laju alir, komposisi dan pH saliva. Keadaan kurang gizi kronis yang dialami oleh anak stunting dapat menyebabkan atrofi dan hipofungsi kelenjar saliva. Hipofungsi pada kelenjar saliva dapat menyebabkan penurunan pada stimulated salivary flow rate dan kemungkinan perubahan unstimulated salivary flow rate. Penurunan laju aliran saliva pada anak stunting dapat menyebabkan perubahan komposisi saliva berupa penurunan komponen anorganik dan organik saliva. Namun, tidak ditemukan perubahan kapasitas buffer dan penurunan pH saliva yang signifikan pada anak stunting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drg. Nila Kasuma, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: kata kunci: kelenjar, komposisi, laju aliran, pH, saliva, stunting
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:58
Last Modified: 11 Jul 2023 01:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205485

Actions (login required)

View Item View Item