Pengaruh Penambahan Susu Skim, Full Cream, dan Buttermilk terhadap Kadar Air, Kadar Protein, Kadar Lemak, dan Kadar Abu Naget Ayam

Apria, Siska Pratama (2023) Pengaruh Penambahan Susu Skim, Full Cream, dan Buttermilk terhadap Kadar Air, Kadar Protein, Kadar Lemak, dan Kadar Abu Naget Ayam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan susu skim, full cream, dan buttermilk terhadap kadar air, kadar protein, kadar lemak, dan kadar abu pada naget ayam. Penelitian ini menggunakan daging ayam broiler dan susu skim, susu full cream, dan buttermilk sebanyak 25% dari jumlah bahan daging ayam. Peubah yang diamati pada penelitian ini adalah kadar air, kadar protein, kadar lemak, dan kadar abu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 4 perlakuan, yaitu A (tanpa penambahan susu), B (penambahan susu skim), C (penambahan susu full cream), dan D (penambahan buttermilk) dengan 5 ulangan. Hasil analisis statistik penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan susu skim, susu full cream, dan buttermilk pada naget berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar protein dan kadar lemak, akan tetapi berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap kadar air dan kadar abu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan terbaik pada naget ayam adalah perlakuan D yaitu naget ayam dengan penambahan buttermilk dengan kadar air 44,85%, kadar protein 12,27%, kadar lemak 14,24%, dan kadar abu 2,17%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:46
Last Modified: 18 Jul 2023 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205400

Actions (login required)

View Item View Item