Rekonfigurasi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Dengan Penambahan Pembangkit Terdistribusi (DG) Menggunakan Metode Selective Particle Swarm Optimization (SPSO)

Angga, Drialex (2023) Rekonfigurasi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Dengan Penambahan Pembangkit Terdistribusi (DG) Menggunakan Metode Selective Particle Swarm Optimization (SPSO). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstract_Tugas Akhir_Angga Drialex_1810951002.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Pendahuluan_Tugas Akhir_Angga Drialex_1810951002.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
Penutup_Tugas Akhir_Angga Drialex_1810951002.pdf - Published Version

Download (940kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Tugas Akhir_Angga Drialex_1810951002.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir_Angga Drialex_1810951002.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada studi ini dilakukan rekonfigurasi jaringan dengan penempatan DG agar mendapatkan nilai rugi-rugi daya yang minimal. Metode SPSO digunakan untuk melakukan rekonfigurasi jaringan dengan penempatan DG. Metode SPSO membantu dalam pencarian solusi terbaik dalam menentukkan rekonfigurasi dengan penempatan DG yang menghasilkan rugi-rugi daya paling minimal. Single line diagram IEEE 69 Bus digunakan sebagai jaringan yang akan direkonfigurasi. Rekonfigurasi jaringan dilakukan dengan penempatan 1 DG, rekonfigurasi dengan penempatan 2 DG, rekonfigurasi dengan penempatan 3 DG, dan rekonfigurasi dengan penempatan 4 DG. Nilai rugi-rugi daya jaringan setelah direkonfigurasi dibandingan nilai rugi-rugi daya sebelum rekonfigurasi. Metode SPSO membantu dalam pencarian solusi terbaik dalam menentukkan rekonfigurasi dengan penempatan DG yang menghasilkan rugi-rugi daya paling minimal. Didapatkan nilai rugi-rugi daya paling kecil adalah kondisi rekonfigurasi jaringan dengan 4 DG dengan nilai 95.9705 kW. Secara persentase perbandingan rekonfigurasi dengan penempatan 1 DG maka rugi-rugi daya berkurang 40% dibanding kondisi sebelum rekonfigurasi, saat penempatan 2 DG maka rugi-rugi daya berkurang senilai 42% dibanding sebelum rekonfigurasi, saat penempatan 3 DG maka rugi-rugi daya berkurang senilai 56% dibanding sebelum direkonfigurasi, dan saat penempatan 4 DG maka rugi-rugi daya berkurang senilai 58% dibanding sebelum rekonfigurasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. H. Syukri Yunus, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Rekonfigurasi jaringan, Particle Swarm Optimization (PSO), Selective Particle Swarm Optimization (SPSO), Distributed Generation (DG)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:50
Last Modified: 04 Jul 2023 06:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205342

Actions (login required)

View Item View Item