Penentuan Prioritas Penanganan Jaringan Jalan Provinsi Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Berbasis PKRMS (Provincial/Kabupaten Road Management System)

HALICH, ILHAM (2022) Penentuan Prioritas Penanganan Jaringan Jalan Provinsi Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Berbasis PKRMS (Provincial/Kabupaten Road Management System). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover&abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (612kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (756kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB 5 Kesimpulan (Akhir).pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (TESIS Penentuan Prioritas Penanganan Jaringan Jalan Provinsi Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Berbasis Pkrms (Provincial/Kabupaten Road Management System)
full text LAPORAN THESIS ILHAM HALICH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Metode survey jalan yang digunakan pada Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Barat yaitu Provincial/Kabupaten Road Management System (PKRMS) yang hadir pada tahun 2022 yang merupakan metode teknis meliputi kegiatan pengumpulan, pengolahan, dan pemeliharaan data untuk menghasilkan informasi dan rekomendasi penanganan pemeliharaan jalan, menghitung kebutuhan anggaran, pemeliharaan peanganan jalan yang dapat menentukan prioritas penanganan jalan. Metode PKRMS ini dikombinasi dengan metode (Analytical Hierarrchy Process) AHP diharapkan mendapatkan hasil pemeliharaan jalan yang optimal, mendapatkan Anggaran biaya yang dibutuhkan dan prioritas penanganan jalan pada ruas jalan strategis provinsi Sumatera Barat. Pemeliharaan jalan dilakukan untuk memberikan pelayanan jalan sesuai dengan umur pelayanan jalan yang optimal. Provinsi Sumatera Barat memiliki 58 ruas jalan Provinsi yang tersebar di seluruh wilayah Sumatera Barat, kondisi jalan tersebut adalah rusak ringan dan rusak berat. Dari 58 ruas jalan provinsi tersebut, ada 5 ruas strategis dalam objek penelitian yaitu : 2 ruas yang merupakan akses transportasi yaitu ruas Teluk Bayur Nipah-Purus (P.098) dan ruas Simpang Duku-Ketaping (P.075) dan 3 ruas yang merupakan kawasan pertanian dan perkebunan yaitu ruas Surantih-Kayo Aro Langgai (P.086), Ruas Panti-Simpang Empat (P.031) dan Ruas Abai Sangir-Sungai Dareh (P.056). Penelitian dilakukan dengan Survey dan menyebar kuesioner. Survey dilakukan dengan mencatat data inventaris, data kondisi jalan, data lalu lintas jalan yang kemudian diolah dengan PKRMS. Jenis penanganan yang diperoleh untuk kelima ruas yaitu Pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala dan Rehabilitas, Anggaran terbesar dengan urutan sebagai berikut : P.056 (Rp.40.970,5 juta), P.086 (Rp. 36.252,5 juta), P.031 (Rp.11.480,5 juta), P.075 (Rp. 6.633,8 juta), dan P.098 (Rp. 5.853,1 juta), Ruas prioritas penanganan jalan yaitu dengan urutan sebagai berikut : P.031, P.056, P.086, P.098, dan P.075.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:55
Last Modified: 03 Jul 2023 03:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205264

Actions (login required)

View Item View Item