ANALISIS EFEKTIVITAS-BIAYA PENGGUNAAN ANTIPSIKOTIK KOMBINASI QUETIAPIN +RISPERIDON PADA PASIEN RAWAT INAP DENGAN SKIZOFRENIA PARANOID DI RUMAH SAKIT JIWA PROF HB SAANIN PADANG

Dian, Suhery (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS-BIAYA PENGGUNAAN ANTIPSIKOTIK KOMBINASI QUETIAPIN +RISPERIDON PADA PASIEN RAWAT INAP DENGAN SKIZOFRENIA PARANOID DI RUMAH SAKIT JIWA PROF HB SAANIN PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 4 July 2024.

Download (169kB)
[img] Text (Pendahuluan)
2 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 4 July 2024.

Download (138kB)
[img] Text (kesimpulan dan saran)
3 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 4 July 2024.

Download (102kB)
[img] Text (daftar pustaka)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 4 July 2024.

Download (158kB)
[img] Text (tesis full)
5 TESIS FULL PDF .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 4 July 2024.

Download (2MB)

Abstract

Skizofrenia adalah penyakit mental kronis yang ditandai dengan berbagai gejala termasuk halusinasi pendengaran, waham yang menetap dan masalah fungsi psikososial. Skizofrenia membutuhkan pengobatan dalam waktu yang lama sehingga berkaitan erat dengan beban sosial dan ekonomi, baik bagi pasien itu sendiri maupun keluarga, masyarakat dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas biaya penggunaan kombinasi antipsikotik generasi kedua quetiapin + risperidon dibandingkan dengan penggunaan risperidon saja. Dimana pengumpulan data dilakukan secara retrospektif menggunakan rekam medis pasien rawat inap skizofrenia paranoid selama satu tahun mulai bulan November 2021 sampai dengan oktober 2022. Sampel pada penelitian ini berjumlah 339 yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi dimana sebanyak 318 sampel pengguna risperidon saja dan 21 pengguna kombinasi quetiapin+risperidon. Dari jumlah sampel tesebut sebanyak 85,2% merupakan pasien laki-laki dengan rentang usia terbesar pada umur 39 tahun ke atas (42,2%) dengan lama hari rawatan (LOS) rata-rata 21,23 hari. Nilai rasio inkremental efektifitas biaya penggunaan quetiapin+risperidon adalah (- Rp. 1.701.989) dengan selisih biaya rata-rata adalah sebesar Rp. 327.014,- dalam kuadran IV yang artinya penggunaan quetiapin+risperidon tidak lebih cost efektif dibandingkan dengan penggunaan risperidon saja. Dan ada hubungan yang signifikan antara penggunaan antipsikotik generasi kedua risperidon dan quetiapin+risperidon terhadap biaya langsung dalam paket dengan nilai p-value 0,000.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: apt. Najmiatul Fitria, M.Farm, Ph.D
Uncontrolled Keywords: antipsikotik, quetiapin, risperidon, skizofrenia paranoid
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:28
Last Modified: 04 Jul 2023 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205217

Actions (login required)

View Item View Item