FAKTOR- FAKTOR PENYEBAB MENINGKATNYA TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DI KOTA PADANG (Studi Kepolisian Resor Kota Padang)

monic Aliva Ika, Aliva Ika Shafitri (2023) FAKTOR- FAKTOR PENYEBAB MENINGKATNYA TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DI KOTA PADANG (Studi Kepolisian Resor Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kekerasan seksual merupakan suatu perbuatan yang melanggar norma dalam bentuk pemaksaan atau eksploitasi seksual dengan cara yang tidak etis terhadap orang lain dengan tujuan tertentu atau kepentingan tertentu atau kepentingan tertentu secara komersial. Perbuatan tindak pidana kekerasan seksual merupakan suatu perbuatan yang melanggar hak asasi manusia. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang diangkat ialah 1. Apakah faktor-faktor penyebab meningkatnya tindak pidana kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak di kota padang? 2. Bagaimanakah upaya yang dilakukan oleh Polresta Padang dalam menanggulangi meningkatnya tindak pidana kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak di Kota Padang?. Metode penelitian yang digunakan ialah yuridis sosiologis. Adapun hasil penelitian dan pembahasan dari penelitian ini 1. faktor yang menjadi sebab meningkatnya tindak pidana kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak di Kota Padang yaitu faktor sosiologis seperti lingkungan, keluarga, perkembangan teknologi, pendidikan dan agama. Selain itu, faktor yang sangat berpengaruh menjadi sebab tindak pidana tersebut meningkat di Kota Padang ialah faktor kurangnya edukasi, tingkat perekonomian yang rendah dan perkembangan teknologi. Usaha yang dilakukan untuk meminimalisir tindak pidana itu salah satunya dilakukan oleh Polresta Padang. 2. Terdapat 2 metode dalam menanggulangi perihal tindak pidana tersebut. Pertama, upaya preventif atau upaya pencegahan agar tindak pidana tersebut dapat sebisa mungkin dihindari. Kedua, upaya represif atau upaya penanganan yang mana dalam hal ini dari penegakan hukum sampai dengan dilimpahkan ke kejaksaan yang dilakukan oleh Polresta Padang. Apabila korban harus mendapatkan penanganan intensif maka Polresta Padang juga telah bekerja sama dengan beberapa lembaga seperti DP3AP2KB untuk menangani korban yang harus membutuhkan penanganan. Kata Kunci: Faktor-faktor, Tindak Pidana Kekerasan Seksual, Perempuan dan Anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Tenofrimer,S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:59
Last Modified: 27 Jun 2023 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205194

Actions (login required)

View Item View Item