PELAKSANAAN RESTRUKTURISASI KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) YANG MACET AKIBAT PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN POJK NOMOR 11/POJK.03/2020 (Studi Pada PT. BPR Cincin Permata Andalas Cabang Padang)

Afriwaldi, Afriwaldi (2023) PELAKSANAAN RESTRUKTURISASI KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) YANG MACET AKIBAT PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN POJK NOMOR 11/POJK.03/2020 (Studi Pada PT. BPR Cincin Permata Andalas Cabang Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (925kB)
[img] Text (BAB AKHIR/PENUTUP)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text (TESIS FULL)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)

Abstract

PELAKSANAAN RESTRUKTURISASI KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) YANG MACET AKIBAT PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN POJK. NOMOR 11/POJK.03/2020. (Studi Pada PT. BPR. Cincin Permata Andalas Cabang Padang) Afriwaldi 1920123035 ABSTRAK Sektor perbankan memiliki kedudukan penting dalam membangun dan mengembangkan perekonomian suatu negara. Peran terbesar perbankan adalah sebagai lembaga perantara. Pada awal tahun 2020 wabah Virus Corona melanda Indonesia. Masyarakat yang menggunakan fasilitas kredit dari bank mengalami kemacetan. pemerintah membuat program restrukturisasi kredit bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang terdampak covid-19 yaitu Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 11/POJK.03/2020 Tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019. Rumusan masalah yaitu Apakah pelaksanaan restrukturisasi kredit Usaha Mikro Kecil dn Menengah yang macet akibat Pandemi covid-19 telah sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor. 11/POJK.03/2020, Bagaimana pengawasan Otoritas Jasa Keuangan dalam proses Restrukturisasi Kredit yang terdampak Pandemi Covid-19. Apa kendala yang dihadapi oleh pihak Bank dalam melaksanakan Restrukturisasi Kredit tersebut, sebagai pembanding digunakan Teori Kepastian Hukum dan Teori Perlindungan Hukum, metode pendekatan yuridis empiris yang disajikan secara deskriptif analisis. Hasil penelitian yaitu penanganan kredit macet akibat Pandemi Covid-19 dilaksanakan melalui program restrukturisasi dengan skema rescheduling. Restrukturisasi harus tetap menerapkan manajemen resiko dan prinsip kehati-hatian. Nasabah yang layak mendapatkan restrukturisasi adalah nasabah yang masih memiliki prospek usaha yang baik dan mampu terus bertahan menjalankan usahanya pada masa pandemi covid-19. Selama masa program restrukturisasi berjalan pihak Bank Perkreditan Rakyat Cincin Permata Andalas Cabang Padang wajib melaporkan posisi akhir bulan laporan secara iuring kepada Otoritas Jasa Keuangan, laporan disampaikan paling lambat akhir bulan berikutnya setelah posisi bulan laporan. Sejalan dengan itu pengawasan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan yaitu pengawasan on site dan off site. pengawasan on site yaitu pengawasan pemeriksaan langsung kepada Jasa Industri Keuangan yang diawasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pengawasan off site yaitu tindak lanjut analisis terhadap menitoring laporan rutin yang disampaikan oleh Industri Jasa Keuangan kepada Otoritas Jasa keuangan. Kata Kunci : Restrukturisasi Kredit, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.H.Rembrandt,SH.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Restrukturisasi Kredit, Pandemi Covid-19
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:25
Last Modified: 19 Jun 2023 03:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204930

Actions (login required)

View Item View Item