FAKTOR PENYEBAB DAN UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN BARANG MILIK PT SEMEN PADANG DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN SEKTOR LUBUK KILANGAN

Rezi, Hendrianda (2023) FAKTOR PENYEBAB DAN UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN BARANG MILIK PT SEMEN PADANG DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN SEKTOR LUBUK KILANGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tindak pidana pencurian merupakan tindak pidana yang sering kali terjadi di tengah masyarakat. Dewasa ini kejahatan pencurian beragam motifnya, tidak hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, tetapi terkadang juga dilakukan untuk kegiatan memperkaya diri pribadi yang diakibatkan oleh gaya hidup yang konsumtif. Adapun pencurian yang diteliti dalam penelitian ini yaitu pencurian terhadap barang milik PT Semen Padang yang marak terjadi selama beberapa tahun terakhir sehingga menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Dalam hal ini kepolisian memiliki peranan penting dalam menanggulangi setiap tindak pidana yang terjadi di tengah masyarakat, termasuk tindak pidana pencurian barang milik PT Semen Padang. Kepolisian memiliki tugas pokok untuk memelihara keamanan, ketertiban, dan pelayanan kepada masyarakat, serta menegakkan hukum terhadap setiap kejahatan yang terjadi di tengah masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1. Apakah faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana pencurian barang milik PT Semen Padang di wilayah hukum Kepolisian Sektor Lubuk Kilangan? 2. Bagaimanakah upaya Kepolisian Sektor Lubuk Kilangan dalam menanggulangi tindak pidana pencurian barang milik PT Semen Padang? 3. Bagaimanakah hambatan dalam upaya penanggulangan terhadap tindak pidana pencurian barang milik PT Semen Padang di wilayah hukum Kepolisian Sektor Lubuk Kilangan? Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris (yuridis empiris) yang didukung dengan penelitian di Kepolisian Sektor Lubuk Kilangan dan PT Semen Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya tindak pidana pencurian barang milik PT Semen Padang berupa faktor internal yang berasal dari dalam diri pelaku dan faktor eksternal yang berasal dari kondisi lingkungan pelaku. Kepolisian Sektor Lubuk Kilangan juga telah melakukan beberapa upaya penanggulangan berupa upaya preventif (pencegahan) dan upaya represif (penindakan). Hambatan dalam upaya penanggulangan tindak pidana pencurian barang milik PT Semen Padang berupa penanggung jawab barang tidak melaporkan kejadian, kurangnya sarana dan prasarana, daftar inventaris barang yang tidak lengkap, kesediaan untuk menjadi saksi, dan pelaku melarikan diri. Mengingat hingga saat ini masih terjadi kasus-kasus pencurian di PT Semen Padang, maka diharapkan kerja sama antara aparat keamanan dan aparat kepolisian dalam upaya pengamanan di PT Semen Padang sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Kata Kunci: Upaya Penanggulangan Tindak Pidana, Pencurian, PT Semen Padang, Kepolisian, Lubuk Kilangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Elwi Danil, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:23
Last Modified: 14 Jun 2023 03:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204872

Actions (login required)

View Item View Item