PENGARUH PENAMBAHAN PULP BUAH DURIAN (Durio zibethinus) TERHADAP TOTAL FENOL, AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SENSORI ES KRIM SINBIOTIK KEFIR

Dewi, Yermajuni (2023) PENGARUH PENAMBAHAN PULP BUAH DURIAN (Durio zibethinus) TERHADAP TOTAL FENOL, AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SENSORI ES KRIM SINBIOTIK KEFIR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak dan cover.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1..pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.1.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Dewi Yermajuni..pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan pulp buah durian (Durio zibethinus) terhadap total fenol, aktivitas antioksidan dan sensori es krim sinbiotik kefir. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penambahan pulp buah durian pada es krim sinbiotik kefir sebanyak A (0%), B (10%), C (20%), D (30%) dan E (40%). Peubah yang diamati adalah total fenol, aktivitas antioksidan dan sensori es krim sinbiotik kefir. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa penambahan pulp buah durian memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap total fenol, aktivitas antioksidan, sensori rasa dan aroma es krim sinbiotik kefir, tetapi tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap nilai sensori tekstur es krim sinbiotik kefir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil terbaik terdapat pada perlakuan B yaitu penambahan pulp buah durian sebanyak 10% dengan nilai total fenol 179,17 mg GAE/100g, aktivitas antioksidan 57,30%, rasa 4,05 yang bermakna “suka”, aroma 3,17 yang bermakna “biasa” dan tekstur 3,62 yang bermakna “suka”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : aktivitas antioksidan, es krim, pulp durian, sensori, total fenol
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:44
Last Modified: 03 Nov 2023 08:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204803

Actions (login required)

View Item View Item