PERJANJIAN KERJASAMA KEAGENAN JASA PELAYANAN POS SWASTA ANTARA PT. CITOSARANA JASAPRATAMA DENGAN PT. RAJASA DINAMIKA EKSPRESS

Puti, Intan Suri (2017) PERJANJIAN KERJASAMA KEAGENAN JASA PELAYANAN POS SWASTA ANTARA PT. CITOSARANA JASAPRATAMA DENGAN PT. RAJASA DINAMIKA EKSPRESS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Bab IV Penutup.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
fulltesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)

Abstract

Perusahaan jasa pelayanan pos swasta membutuhkan pihak lain sebagai perpanjangan tangan dalam melaksanakan kegiatannya di bidang pengiriman barang (paket/dokumen) agar proses pengiriman berjalan lancar. Hubungan keagenan merupakan bentuk kerjasama yang mungkin dilakukan, yang kemudian dituangkan dalam perjanjian kerjasama keagenan pos swasta. Salah satu bentuk hubungan kerjasama keagenan pos swasta tergambar pada perjanjian kerjasama agen antara PT. Citosarana Jasapratama (prinsipal) dengan PT. Rajasa Dinamika Ekspress (agen). Pada pelaksanaan perjanjian keagenan tentu akan ditemukan kendala yang dihadapi para pihak dalam perjanjian. Permasalahan dalam tesis ini adalah: 1). Bagaimana kedudukan hukum para pihak dalam perjanjian kerjasama keagenan jasa pelayanan pos swasta antara PT. Citosarana Jasapratama (prinsipal) dengan PT. Rajasa Dinamika Ekpress (agen)? 2). Bagaimana tanggung jawab para pihak apabila keadaan barang rusak, hilang, atau terlambat sampai ke alamat tujuan dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama keagenan jasa pelayanan pos swasta antara PT. Citosarana Jasapratama (prinsipal) dan PT. Rajasa Dinamika Ekpress (agen)? 3). Apa kendala yang dihadapi para pihak dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama keagenan jasa pelayanan pos swasta antara PT. Citosarana Jasapratama (prinsipal) dengan PT. Rajasa Dinamika Ekspress (agen)? Metode penelitian menggunakan pendekatan Yuridis Empiris. Hasil penelitian yang diperoleh : 1). Kedudukan hukum para pihak dalam perjanjian, mengenai proporsi hak dan kewajiban masing-masing pihak dalam perjanjian ini terkait dengan bentuk perjanjian baku yang hanya disiapkan salah satu pihak yaitunya PT.Citosarana Jasapratama (prinsipal), sehingga kedudukan hukum para pihak menjadi tidak seimbang dalam perjanjian. 2). Tanggung jawab para pihak apabila keadaan barang rusak, hilang, atau terlambat sampai ke alamat tujuan berupa pembayaran ganti kerugian sepenuhnya atau 10 (sepuluh) kali biaya pengiriman tergantung dari keadaan barang yang diterima oleh konsumen apakah hilang,rusak seluruhnya/rusak sebagian. 3). Kendala yang dihadapi para pihak dalam pelaksanaan perjanjian yaitu pada proses pengiriman berupa keterlambatan, hilang, atau rusaknya barang kiriman disebabkan oleh kelalaian dari pihak pengirim, pihak PT. Rajasa Dinamika Ekspress (agen), atau pihak lainya yang berhubungan dengan proses pengiriman barang tersebut, bahkan juga disebabkan oleh force majeure. Kata Kunci: Perjanjian, Keagenan, Pos Swasta.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 23 Jan 2017 02:04
Last Modified: 23 Jan 2017 02:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20478

Actions (login required)

View Item View Item