Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Perekat Gambir (Uncaria gambir, Roxb) Terhadap Sifat Fisis dan Mekanis Papan Partikel Dari Sabut Buah Pinang

Ayu, Lestari Dani (2016) Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Perekat Gambir (Uncaria gambir, Roxb) Terhadap Sifat Fisis dan Mekanis Papan Partikel Dari Sabut Buah Pinang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (repository staff only)
SKRP FULL.pdf . ..pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi perekat gambir terhadap sifat fisis dan mekanis papan partikel sabut buah pinang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan 3 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis statistik dengan ANOVA, dilanjukan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Perlakuan pada penelitian ini yaitu konsentrasi perekat gambir 12%, 14%, 16%, 18% dan 20%. Pengamatan sifat fisis yaitu uji Kadar Air, Kerapatan, Daya Serap Air dan Pengembangan Tebal sedangkan pengamatan sifat mekanis yang diamati antara lain yaitu Keteguhan Patah, Keteguhan Tekan Sejajar Permukaan dan Keteguhan Rekat Internal. Hasil pengujian menunjukkan perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan E (Konsentrasi Perekat 20%). Sifat fisis papan yaitu Kerapatan 0,83 g/cm2, Kadar Air 9,74%, Daya Serap Air 90,82% dan Pengembangan Tebal 53,04%. Sedangkan sifat mekanis papan yaitu Keteguhan Patah 67,78 kg/cm2, Keteguhan Tekan Sejajar Permukaan 46,28 kg/cm2 dan Keteguhan Rekat Internal 5,09 kg/cm2. Kata Kunci : Konsentrasi, Papan Partikel, Perekat Gambir, Sabut Buah Pinang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 20 Jan 2017 08:27
Last Modified: 20 Jan 2017 08:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20472

Actions (login required)

View Item View Item