PENGAPLIKASIAN ALAT UKUR TINGGI, BERAT BADAN, DAN PENENTUAN STATUS GIZI PADA BALITA BERBASIS ESP32 WROOM 32 MELALUI TELEGRAM

Diana, Rahmi Adrian (2023) PENGAPLIKASIAN ALAT UKUR TINGGI, BERAT BADAN, DAN PENENTUAN STATUS GIZI PADA BALITA BERBASIS ESP32 WROOM 32 MELALUI TELEGRAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (Tugas Akhir full text)
Skripsi Diana Rahmi Adrian - Full Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Balita merupakan usia yang peka terhadap pertumbuhan dan perkembangan atau disebut juga dengan usia emas. Pertumbuhan dan perkembangan Balita dapat diketahui dengan pemantauan secara berkala status gizi berdasarkan usia, berat badan, dan tinggi badan. Kegagalan pertumbuhan dan perkembangan pada usia ini jika tidak segera diatasi dapat mengakibatkan efek jangka pendek dan jangka panjang mulai dari penurunan sistem kekebalan tubuh, kerusakan otak hingga dapat mengidap penyakit degeneratif saat dewasa. Telah dirancang alat ukur tinggi badan, berat badan, dan penentuan status gizi pada Balita berbasis Mikrokontroller ESP32 WROOM 32 melalui Telegram. ESP32 WROOM 32 membaca dan memroses data masukan berupa Id, jenis kelamin, dan usia Balita yang diinput pada TFT LCD serta data berat badan dan tinggi badan Balita dideteksi oleh sensor Load cell dan sensor Ultrasonik dan selanjutnya hasil ditampilkan pada TFT LCD dan dikirim melalui Telegram. Sensor yang digunakan pada penelitian ini adalah Ultrasonik HC-Sr04 dengan ketelitian 97,47% untuk mengukur tinggi badan Balita dan Load cell 40 kg dengan ketelitian 99,61% untuk mengukur berat badannya. Berdasarkan data input identitas (Id), usia, dan jenis kelamin serta data yang diukur oleh sensor menghasilkan keluaran berupa tinggi badan, berat badan, dan status gizi. Alat ini dapat mengukur tinggi, berat badan, dan menentukan status gizi Balita usia 1-5 tahun. Alat ukur ini sudah dapat menentukan status gizi Balita berdasarkan Berat Badan menurut Umur (BB/U), Tinggi Badan menurut Umur (TB/U), dan Tinggi Badan menurut Berat Badan (TB/BB) yang tampil pada TFT LCD dan Telegram Bot. Pengukuran ini dilakukan pada enam orang Balita. Hasil dari pengukuran ini semua Balita memiliki status gizi kategori BB/U dan TB/BB dengan status normal namun pada kategori TB/U lima Balita berstatus gizi normal namun satu diantaranya memiliki status gizi kategori TB/U dengan status pendek berdasarkan Grafik Pertumbuhan Anak (GPA).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Harmadi
Uncontrolled Keywords: Balita, status gizi, tinggi badan, berat badan.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:59
Last Modified: 17 Jul 2023 06:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204684

Actions (login required)

View Item View Item