Analisis Efektivitas Biaya Terapi Kombinasi Metformin-Insulin Glargine dan Metformin-Glimepiride pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Instalasi Rawat Jalan RSUD Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara

Leliani, Fitri Anggraini (2023) Analisis Efektivitas Biaya Terapi Kombinasi Metformin-Insulin Glargine dan Metformin-Glimepiride pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Instalasi Rawat Jalan RSUD Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Draft Tesis Fulltext)
DRAFT TESIS FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Diabetes mellitus tipe 2 (DMT2) merupakan penyakit kronis yang memerlukan perawatan seumur hidup sehingga membutuhkan biaya yang besar. Pemberian kombinasi obat antidiabetes bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dalam menurunkan kadar gula darah. Kombinasi dua obat terdiri dari golongan obat lini pertama ditambah dengan obat golongan lain dengan mekanisme kerja yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas biaya terapi kombinasi metformin-insulin glargine dan metformin-glimepiride yang dinyatakan dengan nilai Rasio Inkremental Efektivitas Biaya (RIEB). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pengambilan data dilakukan secara retrospektif menggunakan data rekam medis pasien. Biaya dilihat dari perspektif Rumah Sakit. Dari 406 populasi, hanya 102 sampel yang memenuhi kriteria inklusi, diperoleh sebanyak 57 sampel (55,88%) menggunakan kombinasi metformin-glimepiride dan 45 sampel (44,12%) menggunakan metformin-insulin glargine. Nilai RIEB gula darah sewaktu (GDS) yaitu Rp 21.748,89 setiap penurunan 1 mg/dL GDS. Nilai RIEB gula darah puasa (GDP) yaitu Rp 38.824,46 setiap penurunan 1 mg/dL GDP. Sementara nilai RIEB HbA1c yaitu Rp 43.257,46 setiap penurunan 1% HbA1c. Ketiga nilai RIEB tersebut berada pada kuadran I dimana kelompok terapi metformin-insulin glargine memiliki efektivitas yang lebih baik tetapi biaya yang dibutuhkan juga lebih besar daripada kelompok terapi metformin-glimepiride.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: apt. Yelly Oktavia Sari, M.Pharm, Ph.D
Uncontrolled Keywords: metformin, glimepiride, insulin glargin, DM tipe 2, RIEB
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 30 May 2023 07:45
Last Modified: 30 May 2023 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204663

Actions (login required)

View Item View Item