PEMETAAN DIGITAL STATUS HARA TANAH PERKEBUNAN KOPI ARABIKA RAKYAT SOLOK SELATAN DAN KORELASI DENGAN NILAI INDEKS VEGETASI MENGGUNAKAN CITRA SENTINEL 2A

ANDRE, BUSTAMAR (2023) PEMETAAN DIGITAL STATUS HARA TANAH PERKEBUNAN KOPI ARABIKA RAKYAT SOLOK SELATAN DAN KORELASI DENGAN NILAI INDEKS VEGETASI MENGGUNAKAN CITRA SENTINEL 2A. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER_ABSTRAK_ANDREBUSTAMAR.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (BAB I)
BABI_ANDREBUSTAMAR.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB V)
BABV_ANDREBUSTAMAR.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA_ANDREBUSTAMAR.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (FULL THESIS ANDREBUSTAMAR)
FULL_THESIS_ANDREBUSTAMAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pemantauan tanaman yang cepat dan tepat diperlukan agar memaksimalkan produktivitas tanaman kopi. Indeks vegetasi dapat membedakan tingkat kehijauan tanaman yang dapat dijadikan sebagai dasar memonitoring kesehatan tanaman. Penelitian ini mengevaluasi status hara tanah dan N daun kopi, serta mengetahui korelasinya dengan indeks vegetasi. Penelitian ini dilakukan di perkebunan kopi arabika rakyat yang berlokasi di Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan. Sampel ditentukan berdasarkan metode grid baku dengan interval 400 meter. Sampel tanah diambil pada kedalaman 0-60cm untuk analisis status hara tanah. Sampel daun kopi dewasa diambil pada sepertiga atas tanaman untuk analisis nitrogen daun kopi. Pemetaan sebaran hara dilakukan dengan metode Kriging, indeks vegetasi dianalisis dari citra satelit Sentinel 2A dengan metode NDVI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wilayah penelitian memiliki status hara nitrogen sedang-sangat tinggi (0,45-1,64%), C-organik tinggi-sangat tinggi (3,32-9,55%), P-tersedia sangat rendah – sedang (1,1-12,5 ppm), K-dd sangat tinggi (1,73-3,64 cmol/kg), Ca-dd sangat rendah (0,27-0,46 cmol/kg), dan Mg-dd tinggi-sangat tinggi (5,01–12,5cmol/kg). Wilayah penelitian mencukupi kebutuhan N, K, Mg, pH, KTK, dan bahan organik kebutuhan kopi arabika namun kekurangan unsur P dan Ca. Nitrogen daun kopi berkisar 0,51-2,19 % yang menunjukkan kecukupan unsur nitrogen pada tanaman kopi. Nilai indeks vegetasi berkisar antara 0,47-0,57 (cukup sehat). Nitrogen total daun kopi dan indeks vegetasi berkorelasi positif dengan nilai r : 0,55 (kuat). Korelasi hara tanah dan indeks vegetasi tidak nyata. Indeks vegetasi, nitrogen daun kopi dan N-total tanah berkorelasi positif dengan r : 60 (sangat kuat).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Juniarti, S.P., M.P
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu tanah
Date Deposited: 15 May 2023 03:27
Last Modified: 15 May 2023 03:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204276

Actions (login required)

View Item View Item