“ Peran Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa Singgalang dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Perubahan Sistem Agribisnis Kopi Arabika di Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok

Zikra, Fernando (2023) “ Peran Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa Singgalang dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Perubahan Sistem Agribisnis Kopi Arabika di Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak + Cover.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (SKRIPSI ZIKRA FERNANDO 1901221041)
SKRIPSI ZIKRA FERNANDO1910221041 LENGKAP..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem agribisnis kopi di Nagari Sirukam sebelum dan sesudah dilaksanakannya program dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa Singgalang, serta menganalisis peran program yang dilakukan LAZ Dompet Dhuafa Singgalang terhadap perubahan sistem agribisnis kopi di Nagari Sirukam. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif atau metode kombinasi dengan menggunakan teknik deskriptif dalam penjabaran hasil penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem agribisnis sebelum adanya program yang dilakukan oleh LAZ Dompet Dhuafa Singgalang belum berjalan dengan baik. Setelah adanya program yang dilakukan oleh LAZ Dompet Dhuafa Singgalang barulah petani mulai melakukan pengelolaan tanaman kopinya dengan intensif. Petani mendapat pendampingan mengenai cara melakukan budidaya tanaman kopi dengan benar. Para petani dikumpulkan dalam suatu kelompok tani dan koperasi dengan tujuan agar nantinya petani dalam melakukan kegiatan secara mandiri. Melalui koperasi cherry yang dihasilkan oleh petani ditampung dan diolah menjadi produk akhir berupa green bean, roasted bean, dan ground coffee. Peran program yang dilakukan LAZ Dompet Dhuafa Singgalang terhadap perubahan sistem agribisnis kopi arabika disimpulkan berperan dengan dengan skor total 2140 dan persentase sebesar 94%. Keberperanan dalam perubahan sistem agribisnis kopi arabika di Nagari Sirukam dilakukan oleh lembaga yang terdiri dari LAZ Dompet Dhuafa Singgalang, YBM BRI, Universitas Andalas, Rimbo Pangan Lestari, dan pemerintah. Peran lembaga ini dapat dilihat mulai dari pengadaaan sarana produksi, proses usaha tani, pengolahan hasil, sampai kepada kegiatan pemasaran kopi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Endry Martius, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Peran, Sistem Agribisnis, Perubahan, Kopi Arabika
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 12 May 2023 08:19
Last Modified: 12 May 2023 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204222

Actions (login required)

View Item View Item