ANALISIS YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI PADANG TENTANG TINDAK PIDANA PENCABULAN SEKSUAL (SODOMI) TEHADAP KORBAN ANAK (Studi Putusan Nomor 260/Pid.Sus/2021/PN.Pdg)

Muhammad, Abrar (2023) ANALISIS YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI PADANG TENTANG TINDAK PIDANA PENCABULAN SEKSUAL (SODOMI) TEHADAP KORBAN ANAK (Studi Putusan Nomor 260/Pid.Sus/2021/PN.Pdg). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (over dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Maraknya kekerasan seksual dan atau pelecehan seksual terhadap anak telah mendapatkan perhatian publik dalam beberapa dekade terakhir dan telah menjadi salah satu profil kejahatan yang paling tinggi, kekerasan seksual terhadap anak dan penganiayaan anak telah semakin diakui sebagai sesuatu yang sangat merusak bagi anak dan dengan demikian tidak dapat diterima bagi masyarakat secara keseluruhan, pada kasus ini tindak pidana pencabulan seksual berupa sodomi yang menjadi korbannya adalah anak, pengalaman buruk yang dialami seseorang akan terus melekat didalam hati dan pikiran sehingga menimbulkan trauma. Dampak dari sodomi yang paling di kawatirkan iyalah penyakit menular yang bisa membuat korban tambah menderita. Adapun rumusan masalah yang dibahas pada skripsi ini yaitu: 1. Bagaimanakah pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan tindak pidana pencabulan seksual (sodomi) terhadap korban anak dalam kasus dengan nomor perkara 260/Pid.Sus/2021/Pn.Pdg.? 2. Apakah Putusan Hakim Nomor 260/Pid.Sus/2021/Pn.Pdg. telah sesuai dengan Tujuan Pemidanaan terhadap tindak pidana pencabulan seksual (sodomi) terhadap korban anak? Metode penelitian hukum yang penulis gunakan adalah yuridis normatif, pendekatan masalah yaitu, pendekatan kasus, perundang-undangan dan konseptual. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, teknik pengumpulan data dengan studi dokumen atau studi kepustakaan. Hasil penelitian dan pembahasan dari skripsi ini ini bahwa pengaturan tindak pidana sodomi menerut Kitap Undang-Undang Hukum Pidana dapat ditemukan didalam pasal 290 dan 292 KUHP. Sedangkan menurut Undang-Undang No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak yang diubah menjadi Undang-Undang no 35 Tahun 2014 Terdapat dalam Pasal 76E dengan aturan pelaksanaan diatur dalam Perpu No 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Pasal 82-82A. Dalam hal pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan putusan bagi pelaku tindak pidana pencabulan seksual sodomi terhadap anak pada nomor perkara 260/Pid.Sus/2021/Pn.Pdg yang menjadi pertimbangan Hakim meliputi pertimbangan yuridis dan pertimbangan non-yuridis. Menurut penulis didalam Putusan Pengadilan Nomor 260/Pid.Sus/2021/PN.Pdg Hakim tidak menerangkan bahwasanya terdakwa iyalah seorang resedivis. Yang dimana, menurut penulis hakim harus mencari serta melihat latarbelakang terdakwa. Dimana, Terdakwa tidak kapok akan perbuatanyan dan mengulangi tindak pidana yang sama (residivis) Kata Kunci : Putusan hakim, Pertimbangan Hakim, Sodomi, Anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 12 May 2023 03:00
Last Modified: 12 May 2023 03:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204184

Actions (login required)

View Item View Item