IDENTIFIKASI DAN MITIGASI RISIKO PRODUKSI USAHA PETERNAKAN SAPI PERAH HARAPAN BARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK

NADILA, LEA FRISKA (2023) IDENTIFIKASI DAN MITIGASI RISIKO PRODUKSI USAHA PETERNAKAN SAPI PERAH HARAPAN BARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kejadian risiko dan agen (sumber), untuk menganalisis prioritas penanganan agen (sumber) risiko dan untuk menganalisis strategi penanganan yang tepat untuk menangani risiko pada peternakan sapi perah Harapan Baru. Penelitian ini dilakukan pada usaha peternakan sapi perah Harapan Baru di Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung melalui observasi dan wawancara sesuai kuisioner. Data sekunder diperoleh dari publikasi yang relevan, catatan yang dimiliki peternak dan lain-lain. Data dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dengan metode House of Risk (HOR) Fase 1 dan Fase 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada HOR Fase 1 teridentifikasi 11 kejadian risiko dan 14 agen risiko dalam proses produksi susu sapi perah serta terdapat sebanyak 6 agen risiko yang membutuhkan penanganan berdasarkan tingginya nilai Aggregate Risk Potensial (ARP). HOR Fase 2 menunjukkan bahwa terdapat 5 strategi penanganan yang efektif dan mudah diterapkan bagi peternak di peternakan sapi perah Harapan Baru sesuai dengan penilaian Effectiveness of Difficult (ETD). Kata Kunci : Identifikasi Risiko, Mitigasi Risiko, Usaha Peternakan Sapi Perah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fitrimawati, S.Pt, M.Si
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Risiko, Mitigasi Risiko, Usaha Peternakan Sapi Perah.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 12 May 2023 07:24
Last Modified: 12 May 2023 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204165

Actions (login required)

View Item View Item