ANALISIS USAHA LEBAH MADU TANPA SENGAT (Stingless bees) RAGA MADU FARM DI NAGARI LUBUK TAROK KECAMATAN LUBUK TAROK KABUPATEN SIJUNJUNG

Roma Dandafitrah, Ilvan (2023) ANALISIS USAHA LEBAH MADU TANPA SENGAT (Stingless bees) RAGA MADU FARM DI NAGARI LUBUK TAROK KECAMATAN LUBUK TAROK KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB Akhir (Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Nagari Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik budidaya yang dilakukan dan mengetahui pendapatan yang diperoleh peternak budidaya lebah tanpa sengat Raga Madu farm. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pemilik usaha budidaya lebah madu tanpa sengat Raga madu Farm sebagai responden penelitian. Data penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif, dari hasil penelitian diketahui bahwa teknik budidaya Raga Madu Farm berupa koloni lebah yang diperoleh dengan perburuan dari hutan, ketersediaan tanaman sumber pakan bersumber alami dari tanaman sumber pakan dan tanaman sumber resin yang tersedia di lokasi budidaya, dan pemanenan dilakukan secara trasional menggunakan Air vacuum pump. Pendapatan yang diperoleh dari budidaya lebah madu tanpa sengat ini sebesar Rp. 17.768.750 /tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 12 May 2023 03:04
Last Modified: 12 May 2023 03:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204153

Actions (login required)

View Item View Item