PENGELOLAAN KEUANGAN DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI NAGARI SELAYO TANANG BUKIT SILEH TAHUN ANGGARAN 2015

MUHAMMAD, ARIEF AZMI (2016) PENGELOLAAN KEUANGAN DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI NAGARI SELAYO TANANG BUKIT SILEH TAHUN ANGGARAN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PDF cover abstrak wisuda.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
PDF BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
PDF BAB IV.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
PDF DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
PDF Skripsi lengkap 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam Perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dinyatakan secara tegas dalam pasal 18B yang berbunyi “ Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diatur dalam undang-undang. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang disahkan pada tahun 2014 lalu telah membawa perubahan besar terhadap sistem pemerintahan desa khususnya dalam hal pengelolaan keuangan desa. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa ini bertujuan untuk memperkuat dan memberikan otonomi yang lebih luas kepada pemerintahan desa serta komunitas yang berada di desa. Dengan adanya perubahan dalam pelaksanaan pemerintahan desa khususnya pengelolaan keuangan desa tersebut tentu banyak ditemukan kendala-kendala dalam pelaksanaannya dilapangan, maka dari itu menimbulkan ketertarikkan bagi penulis untuk melakukan penelitian, dengan judul Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Di Nagari Selayo Tanang Bukit Sileh Tahun Anggaran 2015. Adapun yang rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pengelolaan keuangan desa di Nagari Selayo Tanang Bukit Sileh Kabupaten Solok tahun anggaran 2015?, dan apa saja kendala yang terdapat dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa di Nagari Selayo Tanang Bukit Sileh Kabupaten Solok tahun anggaran 2015?.Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa pengelolaan keuangan desa di Nagari Selayo Tanang Bukit Sileh belum sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kendala yang dihadapi adalah masih minimnya partisipasi masyarakat untuk berperan aktif dalam pengelolaan keuangan desa yang mengakibatkan pembangunan di desa tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 19 Jan 2017 08:18
Last Modified: 19 Jan 2017 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20407

Actions (login required)

View Item View Item