Peranan Penyuluh dalam Diseminasi Inovasi Inseminasi Buatan (IB) Pada Peternakan Sapi Potong Studi Kasus Kecamatan Kuranji Kota Padang

Okky, Faradilla (2023) Peranan Penyuluh dalam Diseminasi Inovasi Inseminasi Buatan (IB) Pada Peternakan Sapi Potong Studi Kasus Kecamatan Kuranji Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan penyuluh dalam diseminasi inovasi inseminasi buatan (IB) di Kecamatan Kuranji Kota Padang, dan bagaimana kualifikasi penyuluh dalam diseminasi inovasi inseminasi buatan (IB) di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah metode survey, data dikumpulkan dengan memberikan daftar pernyataan (kuesioner) kepada 50 orang peternak sapi potong yang sudah menerapkan inseminasi buatan, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait seperti Dinas Pertanian Kota Padang. Variabel yang diukur mencakup peranan penyuluh dalam diseminasi inovasi inseminasi buatan (IB) (edukator, fasilitator, konsultan, supervisor, diseminator, monitoring dan evaluasi) dan kualifikasi penyuluh dalam diseminasi inovasi inseminasi buatan (IB) (kemampuan berkomunikasi, pengetahuan penyuluh, sikap penyuluh, dan kemampuan menyesuaikan diri). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang dihitung menggunakan Skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peranan penyuluh dalam diseminasi inovasi inseminasi buatan (IB) di Kecamatan Kuranji mendapatkan skor persentase sebesar (65,72%) yang menunjukan berada pada kategori sedang, diantaranya edukator (66,2%), fasilitator (60%), supervisor (66,5%), konsultan (66,01%), diseminator (78,15%), monitoring dan evaluasi (57,5%). Sedangkan kualifikasi penyuluh dalam diseminasi inovasi inseminasi buatan (IB) di Kecamatan Kuranji mendapatkan skor persentase sebesar (74,5%) yang menunjukan berada pada kategori sedang, diantaranya kemampuan berkomunikasi penyuluh (69,34%), sikap penyuluh (82,2%), pengetahuan penyuluh (63,7%) dan kemampuan menyesuaikan diri (82,8%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ediset, S. Pt, M. Si
Uncontrolled Keywords: Inseminasi buatan (IB), Peranan Penyuluh, Kualifikasi Penyuluh
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 12 May 2023 08:02
Last Modified: 12 May 2023 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204065

Actions (login required)

View Item View Item