Hubungan Tingkat Spiritual dengan Kecemasan Lansia Dalam Menghadapi Kematian Di Ruangan Rawat Inap Penyakit Dalam Di RSUP Dr M Djamil Padang Tahun 2023

Fitrawati, Fitrawati (2023) Hubungan Tingkat Spiritual dengan Kecemasan Lansia Dalam Menghadapi Kematian Di Ruangan Rawat Inap Penyakit Dalam Di RSUP Dr M Djamil Padang Tahun 2023. Diploma thesis, FAKULTAS KEPERAWATAN.

[img] Text
cover fitrawati.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (343kB)
[img] Text
kesimpulan.pdf

Download (358kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (380kB)
[img] Text
skripsi_fitrawati fulteks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS FEBRUARI 2023 Nama : Fitrawati NIM : 2111316021 Hubungan Tingkat Spiritual dengan Kecemasan Lansia Dalam Menghadapi Kematian Di Ruangan Rawat Inap Penyakit Dalam Di RSUP Dr M Djamil Padang Tahun 2023 ABSTRAK Lansia adalah penduduk yang berusia 60 tahun keatas dengan status kesehatan yang cenderung mengalami penurunan sehingga menyebabkan perasaan cemas akan kondisi kesehatan bahkan kematian biasanya di alami oleh seseorang yang memiliki tingkat spiritual rendah. Spiritual merupakan sumber kekuatan dan harapan lansia dalam menghadapi kematian, tingkat spiritual akan menentukan lansia dalam menerima keadaan yang di alaminya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara tingkat spiritual terhadap kecemasan dalam menghadapi kematian lansia di ruangan rawat inap penyakit dalam RSUP Dr M Djamil Padang Tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan cross sectional study yang dilakukan pada 54 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil Penelitian menunjukan mayoritas responden dengan tingkat spiritual tinggi memiliki kecemasan menghadapi kematian sedang, terbukti hasil chi- squeare didapatkan p-value =0,001. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat spiritual mempunyai peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan spiritual lansia dalam mengahdapi kematian. Kata kunci : Lansia, Spiritual, Kecemasan Kematain Daftar Pustaka: 62 (2018 – 2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 May 2023 10:27
Last Modified: 11 May 2023 10:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/204035

Actions (login required)

View Item View Item