Pengaruh Penggunaan Kapur Palupuh Sebagai Pengganti Filler Untuk Campuran Asphalt Concrete Wearing Course(AC-WC)

Maulana Arasy, Reza (2022) Pengaruh Penggunaan Kapur Palupuh Sebagai Pengganti Filler Untuk Campuran Asphalt Concrete Wearing Course(AC-WC). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text (BAB Akhir Penutup)
BAB Akhir Penutup.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text (Skripsi Fulltex)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kapur adalah satu dari beberapa bahan tambah yang memberikan beberapa manfaat dalam campuran aspal, salah satu manfaatnya yaitu berpotensi untuk meningkatkan kinerja dari campuran aspal. Kecamatan Palupuh merupakan kawasan penghasil batu kapur di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dengan tersedianya batu kapur yang berlimpah , peneliti mencoba menggunakan kapur Palupuh sebagai bahan pengisi (filler). Pada penelitian kali ini, akan diketahui pengaruh penggunaan kapur Palupuh sebagai bahan pengisi terhadap perkerasan Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC). Penelitian ini menggunakan aspal AC Pen 60/70. Pengujian dilakukan dengan melihat karakteristik marshall pada campuran perkerasan. Dari pengujian marshall pada campuran standar tanpa kapur diperoleh kadar aspal teoritis sebesar 6%. Kemudian dilakukan pengujian, diperoleh kadar aspal optimum sebesar 6,015% Pengujian dilakukan menggunakan variasi kapur 0%, 25%, 50%, 75%, 100% terhadap berat filler abu batu. Penambahan filler kapur Palupuh memberikan pengaruh pada karakteristik campuran AC-WC dimana menghasilkan peningkatan nilai VFB sebesar 0,971%, stabilitas sebesar 12,024%, kelelehan sebesar 19,375% dan mengalami penurunan pada nilai VMA sebesar 1,065%, VIM sebesar 1,873% dan MQ sebesar 5,727% dengan hasil nilai kinerja marshall optimum pada penambahan filler kapur sebesar 50% dari total filler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 11 May 2023 09:37
Last Modified: 11 May 2023 09:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203985

Actions (login required)

View Item View Item