PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN VARIASI JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

ARIF, HERIMAN (2016) PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN VARIASI JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak balok.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang banyak dibudidayakan oleh petani karena memiliki nilai ekonomi tinggi yang membutuhkan tanah yang gembur untuk pertumbuhannya dan merupakan komoditas sayuran utama Sumatera Barat di samping cabai, kubis, dan kentang. Penelitian dalam bentuk percobaan lapangan tentang pengaruh dosis pupuk kandang ayam dan variasi jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah (Allium ascalonicum L). Percobaan telah dilakukan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang dari bulan Maret sampai Mei 2016. Tujuan percobaan ini adalah mendapatkan interaksi terbaik antara dosis pupuk kandang ayam dan variasi jarak tanam, dosis pupuk kandang ayam terbaik, dan jarak tanam yang optimal untuk pertumbuhan dan hasil bawang merah. Percobaan ini merupakan faktorial dalam RAK terdiri dari dua faktor perlakuan tiga kali ulangan. Faktor yang pertama adalah dosis pupuk kandang ayam dengan 3 taraf yaitu 10ton/ha, 20 ton/ha, 30 ton/ha dan faktor yang kedua jarak tanam dengan 3 taraf yaitu 15x10 cm, 15x15 cm, 15x20 cm. Hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan uji F dan apabila F hitung lebih besar dari F tabel, maka dilanjutkan dengan uji DNMRT taraf nyata 5%. Hasil percobaan menunjukkan bahwa dosis pupuk kandang ayam yang terbaik didapatkan pada dosis 20 ton/ha dengan bobot kering umbi 5,43 ton/ha. Untuk jarak tanam didapatkan hasil yang terbaik pada jarak tanam 15x10 cm yaitu 7,3 ton/ha.. Kata kunci: pupuk kandang ayam, jarak tanam, produksi, bawang merah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 20 Jan 2017 07:40
Last Modified: 20 Jan 2017 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20398

Actions (login required)

View Item View Item