PERBANDINGAN KARAKTERISTIK DAN LUARAN KLINIS PASIEN ANAK DENGAN TUBERKULOSIS YANG TERKONFIRMASI PEMERIKSAAN TES CEPAT MOLEKULER DAN YANG TIDAK TERKONFIRMASI

IMIL, IRSAL IMRAN (2023) PERBANDINGAN KARAKTERISTIK DAN LUARAN KLINIS PASIEN ANAK DENGAN TUBERKULOSIS YANG TERKONFIRMASI PEMERIKSAAN TES CEPAT MOLEKULER DAN YANG TIDAK TERKONFIRMASI. Masters thesis, Universitaas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (THESIS FULL)
Tesis dr. Imil Irsal Imran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang. Menegakkan diagnosis TB terkonfirmasi pemeriksaan bakteriologis sangat sulit pada anak. Saat ini digunakan pemeriksaan TCM GeneXpert untuk menegakkan diagnosis yang lebih baik dibandingkan pemeriksaan BTA. Namun mendapatkan spesimen yang representatif cukup sulit pada anak sehingga sebagian kasus TB ditegakkan secara klinis. Tujuan. Menganalisis perbandingan karakteristik dan luaran klinis pasien anak tuberkulosis terkonfirmasi pemeriksaan TCM GeneXpert dengan TB klinis. Metode. Studi case-control analitik untuk mengevaluasi karakteristik klinis dan luaran pasien TB usia 0-18 tahun yang dilakukan pemeriksaan TCM Gene-Xpert di RSUP dr. M Djamil Padang sejak bulan Juli 2017 sampai Juni 2022. Hasil. Sebanyak 153 subjek terdiri dari 24% TB terkonfirmasi pemeriksaan TCM GeneXpert dan 76% merupakan TB klinis. Ditemukan frekuensi presentasi klinis yang lebih sering pada TB terkonfirmasi dibandingkan TB klinis pada keluhan demam lebih dari 2 minggu, batuk lebih dari 2 minggu, malaise, riwayat kontak, tidak mendapatkan imunisasi BCG, perbesaran KGB, gambaran radiologi sugestif TB, dan pemanjangan LED. Sedangkan temuan ronkhi pada pemeriksaan fisik lebih sering ditemukan pada TB klinis. Mayoritas subjek memiliki luaran klinis sembuh dengan gambaran rontgen thorax dalam batas normal pada kedua kelompok. Kesimpulan. Frekuensi presentasi klinis lebih sering ditemukan pada TB terkonfirmasi dibandingkan TB klinis kecuali temuan ronkhi dengan gambaran luaran klinis sembuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Finny Fitry Yani, Sp.A(K)
Uncontrolled Keywords: TB, TB terkonfirmasi, TB klinis, karakteristik klinis, luaran klinis
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 11 May 2023 08:40
Last Modified: 11 May 2023 08:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203811

Actions (login required)

View Item View Item