Analisis Hubungan Nilai Tukar Dolar Amerika Serikat Terhadap rupiah, Ekspor, dan Impor Indonesia Menggunakan Metode Vector Autoregressive (VAR)

Bora, Tiansi Ade (2023) Analisis Hubungan Nilai Tukar Dolar Amerika Serikat Terhadap rupiah, Ekspor, dan Impor Indonesia Menggunakan Metode Vector Autoregressive (VAR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf

Download (311kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
SKRIPSI FULL WATERMARK TIANSI ADE BORA-dikompresi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Vector autoregressive (VAR) merupakan salah satu metode analisis yang digunakan untuk melakukan analisis data deret waktu. Data deret waktu adalah serangkaian pengamatan yang terjadi berdasarkan runtun waktu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kausalitas nilai tukar dolar Amerika serikat terhadap rupiah, ekspor, dan impor Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kurs, data ekspor, dan data impor Indonesia dari bulan Januari 2016 hingga Juli 2022. Dalam penelitian ini data stasioner pada first difference dan uji stasioneritasnya dilakukan menggunakan uji Augmented Dickey Fuller (ADF). Dalam menentukan lag optimal, pada penelitian ini digunakan Akaike Information Criteria (AIC). Untuk melihat hubungan kausalitas antar variabel digunakan uji kausalitas Granger. Selanjutnya digunakan Impulse Respon Function (IRF) untuk melihat bagaimana respon variabel terhadap guncangan yang terjadi pada variabel lain. Variance decomposition digunakan untuk memperkirakan variabel mana yang memiliki peranan penting dalam perubahan variabel lainnya. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel signifikan mempengaruhi dirinya sendiri dan terdapat hubungan kausalitas satu arah antara ekspor dan impor yaitu ekspor mempengaruhi impor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Vector Autoregressive (VAR), Kausalitas Granger, Impulse Respon Function (IRF), Variance Decomposition
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 10 May 2023 07:56
Last Modified: 10 May 2023 07:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203486

Actions (login required)

View Item View Item