EKSEKUSI OBYEK JAMINAN KENDARAAN BERMOTOR DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN NON BANK YANG TIDAK DIDAFTARKAN JAMINAN FIDUSIA (Studi Kasus PT. Federal International Finance Padang)

Berqah, Fitrah Utami (2023) EKSEKUSI OBYEK JAMINAN KENDARAAN BERMOTOR DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN NON BANK YANG TIDAK DIDAFTARKAN JAMINAN FIDUSIA (Studi Kasus PT. Federal International Finance Padang). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER TESIS NEW.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (598kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA BARU.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
TESIS BERQAH FITRAH UTAMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)

Abstract

ABSTRAK Pasal 29 ayat (1) Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia telah memberikan aturan mengenai pelaksanaan eksekusi atas objek Jaminan Fidusia, namun faktanya di lapangan pelaksanaan eksekusi yang dilakukan oleh lembaga pembiayaan non bank dijumpai tidak mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan terhadap lembaga pembiayaan non bank di Kota Padang ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis prosedur eksekusi terhadap barang jaminan kendaraan bermotor yang tidak didaftarkan jaminan fidusia dan akibat hukum pelaksanaan eksekusi terhadap barang jaminan kendaraan bermotor yang tidak didaftarkan Jaminan Fidusia. Penelitian ini dikualifikasikan sebagai penelitian hukum empiris yang mengkaji kesenjangan antara ketentuan Pasal 29 ayat (1) UU Nomor 42 Tahun 1999 dengan pelaksanaannya di lapangan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui penelitian lapangan yaitu dengan cara melakukan wawancara langsung ke PT. Federal International Finance Cabang Padang (FIF GROUP). Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh melalui penelitian kepustakaan terhadap bahan hukum primer, sekunder, dan tertier sesuai permasalahan yang akan dibahas. Data yang telah terkumpulkan selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur eksekusi obyek jaminan fidusia yang dilakukan PT. Federal Internasional Finance sebelum melakukan penarikan terhadap obyek jaminan (Unit) PT. Federal Internasional Finance melakukan langkah-langkah persuasif terlebih dahulu dengan cara melakukan monitoring melalui petugas lapangan dari PT. Federal Internasional Finance (Debtcollector), memberikan Surat Peringatan (Somasi) kepada debitur, Surat Peringatan (Somasi) diberikan berturut-turut selama tiga kali. Dan apabila debitur tidak menghiraukan Surat Peringatan ke-tiga (Somasi 3) maka PT. Federal Internasional Finance akan memberikat Surat Panggilan Terahir (SPT), musyawarah, dan apabila tidak ditemukan mufakat dari musyawarah tersebut maka PT. Federal Internasional Finance melalui petugas Legal Office akan melakukan penjualan terhadap obyek jaminan melalui pelelangan umum. Hal ini merupakan alasan hukum bagi pihak kreditur untuk melakukan eksekusi secara langsung dengan kekuasaannya sendiri tanpa putusan pengadilan sebagaimana yang selama ini dilakukan Lembaga Pembiayaan Non Bank terhadap debitur yang cidera janji di Kota Padang. Mengenai akibat hukum pelaksanaan eksekusi jaminan fidusia yang tidak didaftarkan dalam hal debitur melakukan wanprestasi maka secara normatif kreditur tidak sah menggunakan parate executie (eksekusi langsung), dan proses eksekusinya harus dilakukan dengan cara mengajukan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri melalui proses Hukum Acara Perdata hingga turunnya putusan hakim yang mempunyai kekuatan hukum tetap.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Yulia Mirwati, S.H.,CN.,M.H. Dr. Wetria Fauzi, S.H.,M.H.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 10 May 2023 08:02
Last Modified: 10 May 2023 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203251

Actions (login required)

View Item View Item