RESEPSI ORANG TUA SISWA TERKAIT INFORMASI SURAT EDARAN WAJIB VAKSIN COVID-19 UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA PADANG (STUDI PADA ORANG TUA SISWA DI SDN 41 SEBERANG PADANG SELATAN)

Helena, Aurelia Maharani Guswendi (2023) RESEPSI ORANG TUA SISWA TERKAIT INFORMASI SURAT EDARAN WAJIB VAKSIN COVID-19 UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA PADANG (STUDI PADA ORANG TUA SISWA DI SDN 41 SEBERANG PADANG SELATAN). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK HELEN.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 HELEN.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 HELEN.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA HELEN.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI HELEN REVISI SIDANG (WATERMARK).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan anak-anak di Indonesia sudah terkunci selama hampir dua tahun dan terpaksa harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Hal ini mengakibatkan banyaknya terjadi penurunan capaian hasil belajar pada anak. Dalam menyikapi hal tersebut dan untuk meningkatkan imunitas siswa, Wali Kota Padang pada tanggal 7 Februari 2022 mengeluarkan Surat Edaran tentang Pelaksanaan Vaksinasi Anak Usia 6 sampai dengan 11 Tahun untuk Pencegahan Covid-19. Surat Edaran ini mewajibkan siswa Sekolah Dasar untuk divaksin sehingga memicu kontroversi di kalangan orang tua siswa yang bahkan melakukan aksi unjuk rasa dalam penolakannya. Salah satunya orang tua siswa di SDN 41 Seberang Padang Selatan yang juga menuai pro dan kontra dalam penerapan Surat Edaran tersebut. Hal ini berasal dari perbedaan pemaknaan dan penerimaan oleh setiap individu terhadap sebuah pesan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berangkat dari polemik yang terjadi di masyarakat tersebut, peneliti melakukan penelitian terkait hal ini menggunakan Teori Analisis Resepsi menurut Stuart Hall dengan menggunakan paradigma kritis. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik Snowball Sampling dengan melakukan wawancara mendalam dan dokumentasi dalam teknik pengumpulan datanya. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan teknik analisis data coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan sebagai orang tua siswa yang merupakan khalayak menempati ketiga posisi resepsi yaitu satu orang informan berada pada posisi dominan hegemoni, dua orang informan berada pada posisi negosiasi dan satu orang informan berada pada posisi oposisi. Penelitian juga menjelaskan dampak positif dan negatif yang dirasakan khalayak terkait implementasi dari Surat Edaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Orang Tua Siswa, Vaksin Anak, Surat Edaran Wajib Vaksin
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 10 May 2023 08:35
Last Modified: 10 May 2023 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203224

Actions (login required)

View Item View Item