Analisa Inrush Current Pada Tranformator Daya Menggunakan Simulasi ATPDraw dan Direduksi dengan Metode SPE (Sequential Phase Energization)

Amri, Syukri (2023) Analisa Inrush Current Pada Tranformator Daya Menggunakan Simulasi ATPDraw dan Direduksi dengan Metode SPE (Sequential Phase Energization). Diploma thesis, Teknik.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrac.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
TA _Syukri_Amri_181051006_Sidang.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada saat transformator dienergized memungkinkan terjadinya sebuah kerusakan dan menggangu kinerjanya. Salah satu fenomena yang biasanya terjadi pada transformator yaitu arus inrush. Arus inrush terjadi beberapa milisekon sebelum arus mencapai kondisi steady state.Besar arus inrush biasanya mencapai 10-20 kali arus ratingnya. Pada penelitian ini dilakukan perancangan rangkaian transformator yang mengalami arus inrush,dengan cara memvariasikan nilai beban RLC, dengan syarat arus inruhnya mencapai 10-20 kali sebelum mencapai steady state. Berikutnya arus inrush direduksi dengan menggunakn metode Sequential Phase Energization (SPE) menambahkan resistor pada sisi pembumian transformator dan pemilihan waktu switching terbaik agar arush inrush dapat berkurang dan membantu menambah umur transformator tersebut. Selanjutnya dilakukan analisa terhadap arush inrush yang dihasilkan transformator sebelum dan setelah direduksi.Saat transformator dibebani oleh beban R= 50 Ohm, L=10 mH, dan C=5 uF menghasilkan arus inrush pada phasa ABC ,227.2 A,101.3A, dan 126.5A.Setelah direduksi sengan menambahkan resistor sebesar 50 Ohm dan T-cl 0.005s menghasilkan inrush pada phasa ABC, 150.3A, 68.6A,dan 82.9A dapat disimpulkan dengan penambahan resistor dan pemilihan waktu switching tepat dapat mengurangi arush inrush pada sebuah transformator. Kata Kunci : Inrush, reduksi,steady state

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Novizon, M.Eng. Ph. D
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 09 May 2023 08:48
Last Modified: 09 May 2023 08:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203220

Actions (login required)

View Item View Item