Hubungan Pengetahuan Ibu mengenai Gigi Desidui dengan Kejadian Karies Gigi Anak Prasekolah di TK IT Nurul Qur'an dan TK Muslim, Semurup Kabupaten Kerinci

Girza, Titacahya (2023) Hubungan Pengetahuan Ibu mengenai Gigi Desidui dengan Kejadian Karies Gigi Anak Prasekolah di TK IT Nurul Qur'an dan TK Muslim, Semurup Kabupaten Kerinci. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang: Karies pada gigi desidui menyerang 530 juta jiwa anak di dunia. Kesehatan gigi anak atau gigi desidui sangat memengaruhi pertumbuhan gigi permanen. Peran orang tua terutama ibu sebagai fasilitator kesehatan anak diperlukan untuk mencegah masalah pada gigi desidui, hal ini berarti pengetahuan yang dimiliki ibu dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut anak. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu mengenai gigi desidui dengan kejadian karies gigi anak prasekolah di TK IT Nurul Qur’an dan TK Muslim Semurup, Kabupaten Kerinci. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 40 orang anak yang menjadi siswa TK IT Nurul Qur’an dan TK Muslim beserta ibu-nya. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan memeriksa karies gigi pada anak dan pengisian kuesioner oleh Ibu. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan hampir setengah sampel Ibu memiliki pengetahuan tentang gigi desidui dalam kategori tinggi yaitu 42,5%,dan sampel anak yang mengalami karies gigi dalam kategori sangat rendah yaitu 30%. Hasil uji statistik Chi-square menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan ibu mengenai gigi desidui dengan kejadian karies gigi anak prasekolah di TK IT Nurul Qur’an dan TK Muslim Semurup, Kabupaten Kerinci.dengan nilai p = 0,005 (p < 0,05) dan Odd Ratio = 11,6. Kesimpulan: Terdapat hubungan pengetahuan ibu mengenai gigi desidui dengan kejadian karies gigi anak prasekolah di TK IT Nurul Qur’an dan TK Muslim Semurup, Kabupaten Kerinci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sri Ramayanti, drg., MDSc., Sp.KGA
Uncontrolled Keywords: Karies Gigi, Indeks def-t, Pengetahuan
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 09 May 2023 08:25
Last Modified: 09 May 2023 08:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203213

Actions (login required)

View Item View Item