Pengaruh Penambahan Beberapa Asam Amino Pada Ekstrak Padina minor Yamada. Sebagai Biostimulan Pada Berbagai Kondisi Cekaman Kekeringan Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Padi Gogo (Oryza Sativa L.)

Widia, Putri Febriani (2023) Pengaruh Penambahan Beberapa Asam Amino Pada Ekstrak Padina minor Yamada. Sebagai Biostimulan Pada Berbagai Kondisi Cekaman Kekeringan Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Padi Gogo (Oryza Sativa L.). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (Thesis Full Text)
full thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Cekaman kekeringan memberikan efek terhadap fisiologi tanaman yang berpengaruh terhadap pertumbuhan, produktivitas dan kualitas tanaman. Penambahan asam amino pada aplikasi makroalga P. minor sebagai biostimulan digunakan dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman dalam kondisi cekaman kekeringan. Pada penelitian ini diuji pengaruh penambahan asam amino pada ekstrak P. minor pada berbagai kondisi cekaman kekeringan terhadap pertumbuhan dan hasil padi gogo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor A merupakan jenis biostimulan yang terdiri dari P.minor, P. minor + asam amino glisin, alanin, arginin, P. minor + asam amino alanin, arginin, sistein, P. minor + asam amino glisin, alanin, sistein, P. minor + asam amino glisin, alanin, sistein, arginin. Faktor B merupakan taraf cekaman kekeringan yang terdiri dari 0%, 75%, 50%, 25% cekaman kekeringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan kombinasi asam amino glisin, alanin, sistein, arginin pada ekstrak P. minor Yamada. mampu meningkatkan berat basah tajuk, berat kering tajuk, berat basah akar, berat kering akar, umur berbunga, anakan produktif padi gogo. Cekaman kekeringan 75% berpengaruh secara signifikan dengan perlakuan lainnya terhadap tinggi tanaman, berat basah tajuk, berat kering tajuk, umur berbunga, anakan produktif tanaman padi gogo. Interaksi antara kedua faktor yang memberikan pengaruh positif adalah penambahan asam amino glisin, alanin, sistein, arginin pada ekstrak P. minor Yamada. dengan kondisi tanpa cekaman kekeringan. Berat kering tajuk, tinggi tanaman dan berat basah tanaman merupakan parameter yang paling berkontribusi terhadap peningkatan bobot 100 biji tanaman padi gogo.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Zozy Aneloi Noli
Uncontrolled Keywords: Asam amino, ekstrak Padina minor, cekaman kekeringan, padi gogo
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 10 May 2023 03:48
Last Modified: 10 May 2023 03:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203211

Actions (login required)

View Item View Item