Perhitungan Unit Cost Pelayanan Kesehatan Gigi Dengan Metode Activity Based Costing Di Puskesmas Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar

Bobby, Bobby (2023) Perhitungan Unit Cost Pelayanan Kesehatan Gigi Dengan Metode Activity Based Costing Di Puskesmas Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB I - Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf

Download (180kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Permasalahan terkait rencana bisnis dan anggaran (RBA) dan pengadaan barang di puskesmas yang membuat terganggunya kegiatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut karena kurangnya ketersediaan alat atau bahan yang diperlukan untuk melakukan suatu pelayanan sehingga pelayanan tersebut tidak dapat dilaksanakan. Unit cost menjadi salah satu cara untuk mengetahui jumlah biaya dan bahan yang sebenarnya diperlukan untuk menghasilkan suatu produk. Banyak metode yang digunakan untuk menghitung unit cost. Metode activity based costing (ABC) merupakan salah satu metode paling tepat untuk menghitung unit cost. Tujuan: Mengetahui berapa besar nilai unit cost pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar dengan menggunakan metode activity based costing. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode perhitungan activity based costing (ABC). Hasil: Hasil penelitian dengan menggunakan metode Activity Based Costing menunjukkan bahwa unit cost pelayanan gigi di Puskesmas Tanjung Baru yaitu pelayanan konsultasi sebesar Rp 34.342, pelayanan ekstraksi gigi permanen sebesar Rp 100.259, pelayanan ekstraksi gigi sulung sebesar Rp 79.976, pelayanan tambalan GIC sebesar Rp 100.765, pelayanan premedikasi sebesar Rp 60.569, dan pelayanan pulp capping sebesar Rp 86.022. Kesimpulan: Rata-rata unit cost cost pelayanan kesehatan gigi di Puskesmas Tanjung Baru pada tahun 2022 adalah Rp 76.989. Unit cost terbesar adalah tindakan penambalan GIC. Biaya terbesar dalam pelayanan kesehatan gigi yaitu biaya gaji pegawai. Kata Kunci: Puskesmas, Unit Cost, Activity Based Costing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drg. Febrian, MKM
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 09 May 2023 03:51
Last Modified: 09 May 2023 03:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203095

Actions (login required)

View Item View Item