IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK-HAK NARAPIDANA MENURUT UNDANG-UNDANG NO 22 TAHUN 2022 TENTANG PEMASYARAKATAN DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN (Studi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Solok)

Indah Sri, Rezeki (2023) IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK-HAK NARAPIDANA MENURUT UNDANG-UNDANG NO 22 TAHUN 2022 TENTANG PEMASYARAKATAN DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN (Studi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemenuhan hak narapidana dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak sesuai kebutuhan gizi yang terdapat dalam pasal 9 (huruf d) Undang-Undang No 22 tahun 2022 tentang Lembaga Pemasyarakatan, dan diatur juga dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis empiris, yang mana penelitian ini bersifat hukum deskriptif yaitu pemaparan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang keadaan hukum atau peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat. Dan dilakukan dengan metode survai dan wawancara langsung dengan pihak Lapas yang terkait di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Solok. Hasil penelitian tersebut penulis menemukan bahwa penerapan atau pemenuhan hak-hak narapidana dalam mendapatkan pelayanan kesehatan serta makanan yang layak sesuai dengan kebutuhan gizi masih belum terpenuhi dengan baik. Dan menerapan dari Undang-Undang No 22 Tahun 2022 Tentang Lembaga Pemasyarakatan masih belum bisa diterapkan di Lapas Klas II B Solok. Sedangkan kendala yang dihadapi pihak Lapas antara lain terjadinya over kapasitas, kurangnya tenaga keahlian khusus di bidang kesehatan dan juru masak, serta petugas Lapas masih terkendala masalah anggaran dana yang terbatas. Kata Kunci : Narapidana, Hak pelayanan kesehatan, Lembaga Pemasyarakatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fadillah Sabri, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 10 May 2023 04:09
Last Modified: 10 May 2023 04:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202958

Actions (login required)

View Item View Item