Rancang Bangun Greenhouse Hidroponik dengan Sistem Kontrol Suhu dan Kelembaban pada Sawi Hijau (Brassica rapa var. parachinensis L)

Farhan, Ilmi (2023) Rancang Bangun Greenhouse Hidroponik dengan Sistem Kontrol Suhu dan Kelembaban pada Sawi Hijau (Brassica rapa var. parachinensis L). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Greenhouse menjadi salah satu penggunaan teknologi yang sedang populer baik di kalangan petani modern maupun peneliti modern. Greenhouse digunakan untuk menghindari kondisi lingkungan yang tidak sesuai dengan kebutuhan optimum bagi pertumbuhan tanaman. Sistem kontrol akan mempermudah pengendalian suhu dan kelembaban dalam Greenhouse sehingga dapat digunakan untuk budidaya tanaman yang memiliki sensitivitas terhadap keadaan lingkungan seperti sawi caisim, sawi hijau, brokoli, selada, dan lain sebagainya. Sayuran sawi merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi, akan tetapi sensitif akan keadaan lingkungan yang tidak sesuai dengan syarat tumbuh optimumnya. Oleh karena itu untuk mencapai suhu dan kelembaban optimum untuk lingkungan tumbuh tanaman sawi hijau di dalam greenhouse dibutuhkan greenhouse yang dilengkapi sistem kontrol suhu dan kelembaban otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk membuat greenhouse dengan sistem kontrol suhu dan kelembaban otomatis untuk budidaya sawi hijau dengan sistem hidroponik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode rancang bangun, dengan tahapan sebagai berikut: (1) Perancangan Alat yang meliputi perancangan fungsional dan struktural Greenhouse, FOG misting system, hidroponik NFT dan sistem kontrol, (2) Pembuatan atau perakitan greenhouse, FOG misting system, instalasi hidroponik NFT dan sistem kontrol, (3) Proses penanaman sawi hijau yang meliputi persiapan benih dan media tanam, penyemaian, pindah tanam dan penentuan sampel, (4) Uji teknis alat yang meliputi koneksi terhadap aplikasi blynk, akurasi sensor dalam proses kalibrasi dan waktu hidup/mati FOG misting system, (5) Uji kinerja alat yang meliputi pengamatan suhu dan kelembaban pada masa tanam dan pengamatan serta analisis pertumbuhan tanaman sawi hijau sampai dengan waktu panen selama 20 hari. Secara teknis sistem yang dirancang sudah bekerja dengan baik sesuai dengan set poin yang dimasukan yaitu misting akan menyala apabila suhu 30 ℃ dan kelembaban 75 % dan akan mati apabila suhu <28 ℃ dan kelembaban >80 %, apabila suhu masih >28 ℃ maka misting akan tetap hidup walau kelembaban sudah >80 %. Kinerja sistem dalam penelitian masih belum sepenuhnya dapat mengontrol suhu dan kelembaban sesuai dengan syarat tumbuh optimum sawi hijau dimana selama 20 hari pengamatan suhu rata-rata di dalam greenhouse 22 ℃-33 ℃ dan kelembaban rata-rata di dalam greenhouse 75 % - 94 %. Kelembaban di dalam greenhouse masih lebih tinggi 4 % dari syarat tumbuh optimum sawi hijau. Perbedaan tinggi tanaman, lebar daun, jumlah daun, dan berat basah rata-rata tanaman di dalam greenhouse dan di luar greenhouse pada minggu ke-4 (saat panen) yaitu 4,314cm, 3,207cm, 1 helai, dan 61,571g. Kata kunci – Greenhouse, Hidroponik NFT, sistem kontrol, suhu dan kelembaban, sawi hijau, FOG misting system

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Ayendra Asmuti, M.S
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 11 May 2023 08:25
Last Modified: 11 May 2023 08:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202743

Actions (login required)

View Item View Item