Implementasi Kendali Proporsional Untuk Pengaturan Kecerahan Lampu Jalan Dilengkapi Pengaktifan Otomatis Berdasarkan Keberadaan Kendaraan

Dio, Okta Mandala (2023) Implementasi Kendali Proporsional Untuk Pengaturan Kecerahan Lampu Jalan Dilengkapi Pengaktifan Otomatis Berdasarkan Keberadaan Kendaraan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstark.pdf - Published Version

Download (522kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (502kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (573kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan energi lampu jalan konvensional saat ini masih dikatakan boros karena kurangnya efisiensi pemakaian energi. Penggunaan lampu jalan yang masih hidup saat tidak ada kendaraan pada tengah malam menjadi penyebab borosnya energi pada lampu jalan. Seiring berjalannya waktu kualitas penerangan lampu jalan akan menurun sehingga tidak dapat memenuhi standar intensitas yang ada pada ruang lalu lintas. Oleh karena itu dibuatlah sistem yang dapat menghidupkan lampu jalan secara otomatis berdasarkan kendaraan yang lewat untuk mengurangi pemborosan energi dari lampu jalan. Dan sistem pengendali kecerahan lampu jalan agar standar intensitas lampu jalan tidak berkurang. Sistem yang dapat menghidupkan lampu jalan secara otomatis menggunakan sensor inframerah sebagai pendeteksi kendaraan yang lewat berbasis Arduino Mega 2560. Lampu jalan yang hidup disesuaikan dengan jarak pandang berkendara dikawasan perkotaan yaitu 80 meter dengan kecepatan tertinggi 60 km/jam. Sehingga lampu yang dihidupkan sebanyak 5 buah lampu sesuai jarak pandang pengendara untuk mengiringi setiap kendaraan yang lewat. Sistem lampu jalan akan mati jika tidak mendeteksi kendaraan yang lewat seperti saat tengah malam agar pemborosan energi dapat berkurang. Selain itu, agar kualitas intensitas cahaya dapat selalu terpenuhi maka perlu juga ditambahkan sistem yang dapat mengontrol kecerahan cahaya lampu jalan. Pengontrolan kecerahan lampu jalan ini memanfaatkan sensor LDR untuk mengukur tingkat kecerahan lampu jalan dengan menggunakan implementasi kendali proporsional. Tujuan dari implementasi kendali proporsional ini agar kecerahan lampu jalan dapat memenuhi standar dengan setpoint yang diberikan sebesar 200 Lux dengan rata-rata error sebesar 0,496 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Darwison
Uncontrolled Keywords: Lampu jalan otomatis, pendeteksi kendaraan, kecerahan lampu, kendali proporsional.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 04 May 2023 06:56
Last Modified: 04 May 2023 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202715

Actions (login required)

View Item View Item