HUBUNGAN KADAR DICKKOPF-RELATED PROTEIN-1 (DKK-1) PLASMA DENGAN GANGGUAN FUNGSI KOGNITIF PADA PENDERITA HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS (HIV)

Yulia, Trisna (2023) HUBUNGAN KADAR DICKKOPF-RELATED PROTEIN-1 (DKK-1) PLASMA DENGAN GANGGUAN FUNGSI KOGNITIF PADA PENDERITA HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS (HIV). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (THESIS FULL)
Tesis dr. Yulia Trisna PPDS Neurologi 2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Dickkopf related protein – 1 (DKK-1) merupakan suatu protein antagonis terhadap sinyal Wingless (Wnt)-β catenin. Disregulasi sinyal Wnt-β catenin oleh DKK-1 dapat menyebabkan gangguan fungsi kognitif. Gangguan fungsi kognitif pada penderita HIV atau HIV associated neurocognitive disorder (HAND) merupakan spektrum gangguan kognitif terkait neuroinvasi dan neuroinflamasi HIV yang secara signifikan berakibat pada gangguan fungsi aktifitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara kadar DKK-1 plasma dengan gangguan fungsi kognitif pada penderita HIV. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional, yang terdiri dari 84 sampel penderita HIV yang berobat ke poliklinik voluntary counseling and testing (VCT) RS Dr. M. Djamil Padang dalam periode Desember 2022-Maret 2023, yang memenuhi kriteri inklusi dan eksklusi. Fungsi kognitif dinilai menggunakan pemeriksaan Montreal Cognitive Assesment versi Indonesia (MoCa-Ina) dan fungsi aktifitas sehari-hari menggunakan pemeriksaan Instrumental Activity of Daily Living (IADL). Kadar DKK-1 plasma diukur dengan metode Enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA). Analisis data dilakukan dengan SPSS. Hasil: Rerata kadar DKK-1 plasma penderita HIV adalah 358,4 (+ 157,6) pg/mL. Gangguan tipe ANI ditemukan sebanyak 78,6%, MND sebanyak 21,4 %, dan tidak ada tipe HAD. Terdapat hubungan bermakna antara kadar DKK-1 plasma dengan gangguan fungsi kognitif pada penderita HIV (p=0,025). Namun tidak terdapat perbedaan bermakna pada kadar DKK-1 plasma antara gangguan kognitif tipe ANI dan MND. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kadar DKK-1 plasma dengan gangguan fungsi kognitif pada penderita HIV.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Yuliarni Syafrita, Sp. N(K)
Uncontrolled Keywords: DKK-1, gangguan fungsi kognitif, penderita HIV
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 08 May 2023 07:10
Last Modified: 08 May 2023 07:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202688

Actions (login required)

View Item View Item