Sistem Pengontrolan Lampu LED dengan Menggunakan Rangkaian AC-Chopper Synchronous sebagai Upaya Penghematan Konsumsi Energi Listrik

Hariadi, Hariadi (2023) Sistem Pengontrolan Lampu LED dengan Menggunakan Rangkaian AC-Chopper Synchronous sebagai Upaya Penghematan Konsumsi Energi Listrik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (617kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (fulltext)
Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemakaian energi listrik pada era sekarang ini menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia, baik dibidang ekonomi, bisnis, pemerintahan, kesehatan, hingga pendidikan. Pada saat sekarang ini pemakaian konsumsi energi listrik mengalami peningkatan yang sangat besar, ini dibuktikan dari salah satu laporan akhir yang dibuat oleh Balai Besar Teknologi dan Konversi Energi dimana menyebutkan bahwa pemakaian energi listrik terbesar kedua setelah pengkondisi udara adalah sistem penerangan gedung. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk melakukan penghematan konsumsi energi listrik pada suatu ruangan adalah dengan melakukan pengontrolan pada lampu. Pengontrolan pada lampu tersebut didesain dengan menggunakan metode PWM dimana tujuan dari penelitian ini nantinya mendapatkan prototipe sistem pengontrolan cahaya lampu menggunakan metode AC-Chopper Synchronous dan mendapatkan pengujian konsumsi energi listrik setelah dan sebelum penggunaan sistem yang telah dirancang. Pada penelitian ini menggunakan lampu LED Dimmable 7Watt. Pengujian yang dilakukan adalah untuk membandingkan penggunaan konsumsi energi listrik pada saat normal dengan pada saat menggunakan rangkaian dimmer. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu konsumsi energi listrik pada kondisi normal dengan daya 75,46 Wh dan kondisi menggunakan dimmer dengan daya 25,89 Wh. Potensi penghematan konsumsi energi listrik padaa saat menggunakan rangkaian dimmer sebesar 65,7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Andi Pawawoi, M.T
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 05 May 2023 02:56
Last Modified: 05 May 2023 02:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202593

Actions (login required)

View Item View Item