Gambaran Tipe Sel Kanker Paru Berdasarkan Usia, Jenis Kelamin, dan Paparan Rokok di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2018-2020

Syifa, Salsabila (2023) Gambaran Tipe Sel Kanker Paru Berdasarkan Usia, Jenis Kelamin, dan Paparan Rokok di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2018-2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kanker paru adalah keganasan yang terdapat pada paru-paru, mencakup kanker paru primer yang berasal dari epitel bronkus dan sekunder yang berasal dari metastasis organ lain. Kanker paru menjadi penyebab utama kematian akibat kanker. Berdasarkan jenis kelamin, kanker paru merupakan keganasan terbanyak pada laki-laki di Indonesia. Faktor risiko umum dari kanker paru adalah merokok, baik perokok yang aktif maupun pasif. Risiko meningkat pada usia lebih dari 40 tahun. Kanker paru terbagi atas dua bentuk berdasakan subtipe sel yaitu Small Cell Lung Cancer (SCLC) dan Non Small Cell Lung Cancer (NSCLC). Penelitian ini adalah deskriptif dengan mengambil data sekunder berupa rekam medis pasien kanker paru di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2018-2020 menggunakan teknik total samplingVariabel yang diambil adalah jenis sel, usia, jenis kelamin, dan riwayat merokok. Hasil penelitian didapatkan total penderita kanker paru adalah 372 pasien dengan 192 pasien yang memenuhi kriteria inklusi. Jenis sel terbanyak adalah adenokarsinoma (60,4%), kelompok usia ≥40 tahun (96,4%) jenis kelamin laki-laki (75%), dan merokok (74%). Gambaran jenis sel kanker paru menunjukkan adenokarsinoma sebagai tipe sel terbanyak pada setiap variabel yaitu pada laki-laki, perempuan, usia <40 tahun, usia ≥40 tahun, perokok, terpapar asap rokok, dan bukan perokok. Kesimpulan penelitian menunjukkan jenis sel kanker paru terbanyak adalah adenokarsinoma, mayoritas usia ≥40 tahun, sebagian besar laki-laki, sebagian besar merokok, dan tipe sel kanker paru terbanyak tanpa melihat usia, jenis kelamin, dan paparan rokok adalah adenokarsinoma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Shinta Ayu Intan, Sp.PA
Uncontrolled Keywords: kanker paru, jenis sel, usia, jenis kelamin, paparan rokok
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:50
Last Modified: 17 Apr 2023 04:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202550

Actions (login required)

View Item View Item